kumparan
11 Sep 2019 17:20 WIB

Kominfo Buka Akses Internet di Seluruh Wilayah Papua Barat

Konser Budaya Masyarakat Papua di Bundaran HI, Jakarta. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali melakukan pembukaan akses internet secara bertahap di Provinsi Papua dan Papua Barat. Mulai Rabu (11/9) pukul 16.00 WIT atau 13.00 WIB, warga di seluruh wilayah Kota/Kabupaten di Papua Barat sudah bisa mengakses internet.
ADVERTISEMENT
Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu menjelaskan, ada 13 Kabupaten di Papua Barat yang sudah bisa kembali merasakan akses internet dengan normal. Hal ini dilakukan menimbang keseluruhan daerah tersebut telah dinilai kondusif dan aman.
"Sehubungan dengan situasi dan kondisi keamanan di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat sudah kondusif, Pemerintah membuka kembali seluruh layanan data yang diselenggarakan oleh operator seluler di 13 kabupaten/kota di provinsi tersebut," katanya dalam siaran pers yang diterima kumparan, Rabu (11/9).
Ilustrasi logo Kominfo. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Kota Manokwari dan Sorong menjadi wilayah terakhir di Papua Barat yang dibuka akses internetnya. Sebelumnya, ada 11 wilayah yang internetnya sudah berjalan sejak tanggal 4 September lalu, yakni Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong.
ADVERTISEMENT
Dalam hasil pantauan terakhir, masih ada dua wilayah Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, yang terletak di Provinsi Papua, masih mengalami pembatasan layanan data internet. Selanjutnya, pemerintah masih memantau situasi dan kondisi keamanan di kedua wilayah tersebut dalam satu atau dua hari ke depan.
Ferdinandus juga mengungkap, trafik penyebaran hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua yang kini terus menunjukkan tren menurun. Puncak penyebaran konten hoaks terjadi pada 30 hingga 31 Agustus 2019, yang bisa ditemukan jumlah url mencapai 72.500.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·