kumparan
20 Apr 2019 10:00 WIB

Kominfo Siapkan 25.000 Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan beasiswa untuk 25 ribu anak bangsa melalui program Digital Talent Scholarship 2019.
ADVERTISEMENT
Program ini merupakan upaya pemerintah mengembangkan kemampuan masyarakat di bidang digital agar Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2030, serta menyambut Revolusi Industri 4.0.
Pada program Digital Talent Scholarship, peserta akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Peserta program juga akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan di bidang artificial intelligence, big data analytics, cloud computing, internet of things, cyber security, kebijakan digital, machine learning, programming, coding, desain grafis, animasi, dan tema pelatihan di bidang TIK lainnya.
com-Program Digital Talent Scholarship 2019 Foto: Dok. Kominfo
Para peserta Digital Talent Scholarship 2019 yang terpilih, nantinya akan mengikuti pelatihan yang dikemas dalam empat akademi. Kriteria peserta setiap akademi berbeda-beda. Berikut kriterianya.
ADVERTISEMENT
1. Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait). Program ini juga terbuka bagi penyandang disabilitas;
2. Vocational School Graduate Academy (VSGA), program pelatihan intensif bagi lulusan SMK.
3. Coding Teacher Academy (CTA), ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS).
4. Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.
com-Lokasi Penyelenggaraan Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019 Foto: Dok. Kominfo
Untuk pelaksanaan program, Kominfo akan melibatkan 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, 23 Politeknik dan empat perusahaan teknologi global. Kominfo juga menyiapkan kegiatan pascapelatihan bagi peserta program. Targetnya untuk melihat keahlian yang dimiliki oleh talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi.
ADVERTISEMENT
Tertarik dengan program ini? Yuk daftar dan lengkapi persyaratannya di https://digitalent.kominfo.go.id. Pendaftarannya dimulai hari ini, Sabtu, 20 April hingga 19 Mei 2019. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Instagram @digitalent.kominfo.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan