kumparan
16 Sep 2018 15:29 WIB

Konferensi Starthub Connect Sukses Digelar di BSD

Starthub Connect 2018, konferensi startup Indonesia (Foto: Dok. Alpha Momentum Indonesia)
Pekan ini perusahaan modal ventura Alpha Momentum Indonesia (AMI) baru saja sukses menggelar Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang.
ADVERTISEMENT
Starthub Connect yang diadakan pada Kamis, 13 September 2018, ini merupakan event perdana AMI dan rencananya akan menjadi konferensi tahunan yang bertujuan mendorong pengembangan ekosistem startup di Indonesia dengan mempertemukan inovator pemula, pegiat startup, pakar teknologi, pemerintah, dan calon investor.
Event bertemakan “Your StartUp Gateway to be Enterprise Ready" ini memiliki beberapa agenda, yakni seminar untuk sharing knowledge terkait bisnis dan teknologi pendukung, speed dating antara startup dengan calon investor, dan pameran oleh lebih dari 100 booth startup dari berbagai sektor industri, di antaranya fintech, edukasi, IoT, kesehatan, e-commerce, distribusi, hingga transportasi.
Para pegiat startup berkesempatan mempresentasikan bisnis mereka di depan calon investor secara one-on-one untuk mendapatkan akses pendanaan yang tepat dan jaringan (networking) dengan para pemimpin korporasi (enterprise).
ADVERTISEMENT
“Sebagai perusahaan modal ventura, AMI tidak hanya memberikan funding support, tetapi juga pengalaman dan keahlian melalui mentoring yang sangat dibutuhkan para startup dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk itu, event Starthub Connect ini merupakan salah satu strategi kami untuk dapat secara proaktif mengenalkan startup lokal potensial kepada calon investor dan pemimpin korporasi,” ujar Rachmat Gunawan, CEO AMI.
“Melalui pengalaman panjang yang dimiliki core team kami di bidang teknologi dan marketing, kami optimis dapat membantu startup di Indonesia untuk scale up bisnis mereka bahkan menjadi setaraf enterprise,” tambahnya lagi.
Starthub Connect 2018, konferensi startup Indonesia (Foto: Dok. Alpha Momentum Indonesia)
Starthub Connect yang diadakan pada 2018 ini dibagi menjadi tiga sesi, yakni main session, track session A, dan track session B. Ketiga sesi acara ini melibatkan pembicara dari kalangan pemerintah, pakar teknologi, startup serta profesional industri.
ADVERTISEMENT
Para pembicara di sesi utama antara lain adalah Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yang menjelaskan mengenai tantangan yang dialami startup dan dukungan pemerintah bagi startup di Indonesia
“Kami mendukung penuh event seperti Starthub Connect yang selaras dengan tujuan Bekraf untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia. Kami berharap Starthub Connect bisa membantu para startup mengatasi salah satu masalah terbesar mereka yakni akses kepada permodalan,” kata Hari mengenai kesannya terhadap acara konferensi startup Indonesia ini.
Hari berharap semoga event ini bisa memfasilitasi berkembangnya berbagai inovasi yang menghadirkan berbagai solusi bagi banyak persoalan efisiensi dan masalah kehidupan sehari-hari dan bisnis di tanah air yang sedemikian banyak.
Starthub Connect 2018, konferensi startup Indonesia (Foto: Dok. Alpha Momentum Indonesia)
Iskak Hendrawan, Chief Technology Officer Prudential Indonesia, selaku salah satu pembicara di Starthub Connect 2018 ini juga memiliki harapan besar terhadap event yang ke depannya akan digelar tiap tahun.
ADVERTISEMENT
“Melalui dukungan terhadap acara Starthub Connect ini, kami berharap dapat terjalin kerjasama dengan komunitas startup untuk bersama-sama menciptakan ekosistem digital di dunia asuransi, kesehatan dan pengelolaan keuangan di Indonesia,” kata Iskak.
Starthub Connect sendiri merupakan satu dari dua program utama yang digagas AMI. Selain Starthub Connect, program utama AMI lainnya adalah Alpha Momentum Program Learn Improve Fund Yield (AMPLIFY) yang bertujuan membantu startup merumuskan strategi bisnis, memperluas network, dan memperkuat kapasitas teknologi informasi mereka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan