Pencarian populer

Maret 2018, T-Cash Ditargetkan Sudah Bisa Dipakai di Operator Lain

Telkomsel T-Cash (Foto: Telkomsel)

Beberapa waktu lalu, layanan uang elektronik milik Telkomsel, TCash, mengumumkan rencana mereka untuk menjadi 'Operator Agnostic' yang membuka layanannya agar terintegrasi dengan operator seluler lain di Indonesia. Rencananya, sistem ini akan diluncurkan pada kuartal satu tahun 2018 atau sekitar bulan Maret.

Untuk merealisasikannya, Telkomsel selaku induk TCash mulai melakukan komunikasi dengan perusahaan telekomunikasi di Indonesia sebagai upaya untuk membawa layanan TCash ke operator-operator seluler lain.

"Telkomsel masih menjalin komunikasi dengan operator-operator untuk menjalin kerjasama bisa menggunakan TCash bersama. Kita kan sebagai operator milik pemerintah harus terbuka untuk menjalin kerja sama dengan siapa saja. Masih dalam proses, sudah diajukan ke beberapa operator dan masih terus berjalan," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, di Pasar Mayestik, Jakarta, Selasa, (19/12).

CEO TCash, Danu Wicaksana, menambahkan sistem Operator Agnostic tersebut sejauh ini masih dalam tahap perencanaan. Ada empat operator seluler yang saat ini masih menjalin komunikasi dengan TCash terkait sistem tersebut, yaitu Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Hutchison Tri Indonesia.

"Kita masih on the track ya masih jalin kerja sama dengan operator seluler lainnya dan semoga Februari nanti selesai. Saya tidak mau kasih tanggal pastinya karena enggak etis lah ya," ucap Danu.

Danu mengungkapkan semua proses kerja sama dengan operator ini ditargetkan bisa selesai pada Februari 2018 mendatang.

Begitu sistem Operator Agnostic ini sudah selesai, pelanggan dari Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Tri bisa mengajukan nomornya untuk diintegrasikan dengan uang elektronik TCash. Pengajuan ini bisa dilakukan di Grapari atau masing-masing gerai operator seluler yang dipakai.

CEO TCash, Danu Wicaksana (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)

Para pengguna TCash dari operator lain nantinya dapat memakai seluruh layanan dari platform uang elektronik tersebut, seperti pengisian saldo, pembelian pulsa, dan pembayaran di lebih dari 50 ribu partner merchants yang telah berkolaborasi baik segmen lifestyle dan mikro.

Sebelumnya, Indosat Ooredoo menyatakan terbuka dengan rencana Telkomsel tersebut. Menurut Direktur Utama Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi, perusahaannya bakal mempertimbangkan penawaran dari Telkomsel apabila hal itu menguntungkan bagi Indosat dan juga para penggunanya.

"Kalau ada (penawaran dari TCash), why not? Bakal kami bandingkan dengan yang kami pakai sekarang, mitra kami sekarang kan PayPro. Kalau memang TCash mau menawarkan sesuatu untuk pelanggan kita, saya oke saja. Kan benefit-nya juga bisa digunakan oleh pelanggan kita," kata Joy, saat ditemui kumparan (kumparan.com) beberapa waktu lalu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60