Pencarian populer

Kamera Geser Oppo Find X Diprediksi Bakal Jadi Tren

Oppo Find X (Foto: Oppo)
Oppo baru saja mengenalkan secara resmi smartphone terbarunya Find X di Museum Louver di Paris, Selasa (19/6) waktu setempat. Oppo Find X menarik perhatian karena menggunakan modul kamera yang dapat digeser dan disembunyikan di bodi ponsel.
ADVERTISEMENT
Oppo Find X menerapkan mekanisme kamera pop-up otomatis. Jadi ketika pengguna membuka aplikasi kamera, modul kamera akan secara otomatis naik dari sisi atas ponsel.
Oppo mengklaim proses memunculkan dan menyembunyikan kamera pada Find X hanya memakan waktu 0,5 detik saja.
Modul kamera Oppo Find X memuat kamera depan yang memiliki resolusi 25 MP dan sudah mendukung fitur sistem pemindaian wajah 3D. Sementara di bagian belakangnya menggunakan sistem kamera ganda yang masing-masing bersensor 16 MP dan 20 MP disertai LED flash.
Berkat fitur kamera geser tersebut serta tidak adanya notch alias poni, bentang layar Oppo Find X terlihat lebar dengan ukuran 6,4 inci dan smartphone ini bisa memiliki rasio layar berbanding bodi sebesar 93,8 persen.
Kamera Geser Oppo Find X (Foto: Oppo)
Kamera geser digadang akan menjadi tren
ADVERTISEMENT
Oppo Find X bukan pertama yang menerapkan kamera geser atau pop-up otomatis. Sebelumnya Vivo telah lebih dahulu meluncurkan ponsel Nex dengan kamera selfie pop-up. Bedanya, Oppo Find X itu bukan hanya dapat menyembunyikan kamera depan saja, tapi juga kamera belakang.
Jika sebelumnya layar dengan notch atau poni menjadi tren, kini modul kamera geser atau pop-up otomatis diprediksi akan menjadi tren smartphone di tahun 2018.
Bukan tidak mungkin ke depan akan banyak produsen smartphone lain mengikuti jejak Vivo dan Oppo untuk menerapkan modul kamera geser otomatis untuk mendapatkan layar yang lebih luas.
Oppo Find X (Foto: Oppo)
Ada kelemahan
Pemilihan fitur modul kamera geser otomatis memang tidak sepenuhnya menguntungkan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi kelemahan yang bisa mengurangi pengalaman penggunaan ponsel.
ADVERTISEMENT
1. Ketahanan ponsel terhadap air dan debu.
Air, debu, dan keringat memang menjadi musuh smartphone sehingga ketahanan ponsel terhadap pengotor tersebut menjadi prioritas. Nah kondisi bagian kamera ponsel seperti Oppo Find X atau Vivo Nex, apabila sering dibuka dan ditutup, tentunya akan sangat mengkhawatirkan untuk terkotori air dan debu.
2. Kualitas kamera
Modul kamera yang bergerak dikhawatirkan akan mengurangi kualitas kamera, karena tidak memberikan ruang tersisa untuk menyertakan perangkat yang berkualitas tinggi.
3. Boros daya baterai
Pergerakan naik turun modul kamera otomatis dikhawatirkan memicu konsumsi daya yang berlebih.
4. Masa usia yang singkat
Berkaca dari desain ponsel yang menggunakan model slider, menggunakan modul kamera geser otomatis dikhawatirkan tidak akan bertahan lama atau cepat rusak. Komponen mekanis yang terlalu sering bergerak menjadi perhatian.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80