Pencarian populer

Mengenal Ismail ‘Sang Sultan’, PNS 42 Tahun Kolektor Produk Xiaomi

Para Penggila Xiaomi: Ismail, sang Mi Fans 'Sultan'. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

Ada yang berbeda dengan Mi Fans Indonesia satu ini. Jika Mi Fans pada umumnya memiliki dua sampai tiga produk Xiaomi, maka dia mempunyai lebih dari 20 unit produk Xiaomi.

Menariknya, segala produk Xiaomi yang dimilikinya itu kebanyakan bukan gadget atau barang elektronik, melainkan produk ekosistem lain seperti pakaian, boneka, pulpen, dan sebagainya.

Mi Fans ini namanya Mohamad Ismail. Teman-temannya biasa memanggil pria ini dengan sebutan 'Sultan', karena hobinya membeli banyak barang-barang Xiaomi 'tanpa pandang bulu'.

Anggota Mi Fans, Mohamad Ismail, pamer Mi Bunny miliknya. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

Ismail bercerita banyak soal koleksi Xiaomi yang dimilikinya, termasuk alasan menyukai Xiaomi dibanding brand lain. Saat bertemu kumparan pada Senin malam, 5 November 2018, di Kafe Roti Baper, Jakarta, dia membawa koper berisi koleksi produk Xiaomi.

Cinta pertama Ismail dengan Xiaomi

Rasa cinta produk Xiaomi diakui Ismail datang secara tidak sengaja. Berawal dari iseng mencari barang-barang unik di internet, hingga matanya tertuju pada barang bermerek Xiaomi.

Semua dimulai dengan smartphone Redmi 1S, yang dibelinya pada 2014. Setelah itu, ia beralih berturut-turut memakai Redmi Note 3, Redmi Note 4, hingga Redmi Note 5 dan Pocophone F1 yang kini dipakai untuk sehari-hari. Ismail juga pernah punya tablet Mi Pad yang kemudian dijual.

Perihal gadget lain, pria berusia 42 tahun itu 'mengaku' tidak memiliki banyak. Namun, jika berbicara barang non-elekronik Xiaomi, Ismail tanpa ragu memamerkannya kepada semua orang.

Koleksi produk Xiaomi milik Mohammad Ismail, pria 42 tahun dari Tangerang. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

"Yang paling susah mendapatkannya adalah jaket sama t-shirt. Jaket ini tunggu sekitar lima bulan, sekalinya turun langsung sikat," kata Ismail ketika ditemui di restoran Roti Baper di Jakarta, Senin (5/11).

Kebetulan jaket, termasuk topi, menjadi barang kesayangan Ismail. Dia memang sangat berbeda dan unik, dibandingkan dengan kebanyakan Mi Fans yang menjadikan smartphone sebagai produk favoritnya. Nah, perihal jaketnya itu, ia mengaku belum pernah dicuci sejak barang diterimanya. Takut rusak, katanya.

"Yang paling saya suka adalah jaket dan topi. Jaket belum pernah dicuci sejak beli, karena takut kenapa-kenapa," ujarnya, sambil tertawa.

Selain jaket, pria yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Tangerang ini juga punya tas, pulpen, hingga boneka Mi Bunny. Soal boneka, ia memiliki dua unit dengan kostum yang berbeda-beda.

Cek harga di e-commerce

Untuk mendapatkan barang-barang Xiaomi, Ismail terbilang rajin memantau internet. Ia gemar membuka situs resmi Xiaomi Indonesia dan situs e-commerce lain yang menjualnya, seperti AliExpress. Media sosial Weibo juga ia kunjungi demi mencari produk Xiaomi yang menurutnya unik dan patut dibeli.

Koleksi produk Xiaomi milik Mohammad Ismail. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)

"Untuk dapat barang yang limited itu tinggal masuk saja di AliExpress atau Weibo. Tapi khusus Weibo, tidak ada pengiriman ke Indonesia. Tapi untuk keduanya itu ada yang pengiriman gratis," cerita Ismail soal tips beli produk Xiaomi. "Seperti saya pernah beli ini pulpen. Sebenarnya enggak terlalu mahal sekitar Rp 40 ribu. Cuma dari dia itu ongkir (ongkos kirim) gratis. Free ongkir."

Dia tidak ada pengalihan dana tertentu setiap bulannya untuk membeli produk Xiaomi. Menurutnya, selama barang itu unik dan menarik di matanya, maka pasti dibeli. Tinggal gesek.

Rajin ikut kopi darat Mi Fans

Sebagai kolektor produk Xiaomi, tidak afdal rasanya jika tidak masuk ke dalam komunitas Mi Fans. Dan itu dilakukan Ismail. Ia bergabung dengan komunitas Mi Fans per 2015. Dimulai dengan ikut kumpul dengan Mi Fans regional Tangerang, hingga sekarang rajin kopi darat dengan Mi Fans Jakarta, yang biasanya digelar setiap hari Selasa di Roti Baper, Setiabudi, Jakarta.

Selain berkumpul, komunitas Mi Fans ini juga diakui Ismail sering mengadakan kegiatan sosial. Beberapa aktivitas positif pernah dilakukan, mulai dari donor darah, hingga santunan ke anak yatim piatu.

Hubungan Ismail dengan teman-temannya sesama Mi Fans terbilang dekat dan penuh canda. Tak heran komunitas ini ia anggap sebagai keluarga kedua.

Koleksi produk Xiaomi milik Mohammad Ismail. (Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan)

Kedekatannya dengan komunitas Mi Fans bahkan beberapa kali dipertanyakan oleh pihak keluarga, khususnya istri, walaupun urusan Mi Fans ini tidak pernah membuat mereka ribut. Paling, cuma ditegur saja.

"Kalau berantem dahsyat sih belum pernah, mudah-mudahan jangan. Tapi kalau berantem biasa misalnya menegur sih pernah. Misalnya, 'kok yang diurusin Xiaomi melulu, kapan di rumahnya?" ungkap Ismail.

Sebagai kolektor produk Xiaomi, dia berharap perusahaan asal China ini bisa membawa lebih banyak produk ekosistem ke Indonesia, selengkap di situs resmi Xiaomi China. Produk AC (air conditioner) dan kipas angin adalah dua elektronik yang diramalkan Ismail bakal laris di Indonesia.

"Sebenarnya produknya si banyak (yang ingin dibawa ke Indonesia) cuman untuk masuk ke kita mesti lewat SNI dulu kali ya. AC dan kipas angin, nih, 'kan cocok dengan iklim tropis kita. Mungkin mudah-mudahan masuk," kata Ismail.

"Ya, mudah-mudahan si ke depannya produk yang diimpikan oleh semua orang itu ada, seperti (smartphone) Mi 8 SE atau yang lebih dari itu."

Simak cerita selengkapnya dalam topik Para Penggila Xiaomi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: