kumparan
18 Okt 2017 8:28 WIB

Mengenal Studio Musik Elektronik dan Pengaruhnya untuk Musik Dunia

Google Doodle studio musik elektronik. (Foto: Google)
Halaman mesin pencari Google hari ini tampil meriah dengan gaya pop dan ragam warna. Di sana terlihat seperangkat alat musik elekronik macam meja DJ set, synthesizer, serta sound system yang saling terhubung dengan kabel-kabel. Desain dekoratif ini sengaja dibuat Gooogle untuk merayakan kelahiran studio musik elektronik pertama di dunia.
ADVERTISEMENT
Nama studio itu adalah "Studio for Electronic Music." Ia dikenal sebagai studio musik modern pertama di dunia yang menjadi tempat bagi para musisi dan produser inovatif dalam berkarya. Di sini pula suara disintesis secara elektronik bercampur untuk menciptakan genre musik yang sama sekali baru kala itu, dan kini telah dinikmati banyak orang serta diadopsi oleh musisi lain.
Studio for Electronic Music didirikan pada 18 Oktober 1951 di fasilitas West German Broadcasting (Westdeutschen Rundfunks/WDR) di Cologne, Jerman. Dalam bahasa Jerman, studio ini disebut Studio für elektronische Musik.
Google memperingati hari ini sebagai 66 tahun kelahiran Studio for Music Electronic. Desain dari doodle itu dirancang oleh ilustrator Henning Wagenbreth yang berbasis di Berlin, sebagai bentuk perayaan keragaman pemikiran dan imajinasi dalam membangun studio ini dan semangat mengubah wajah musik dunia.
ADVERTISEMENT
Konsep studio untuk membuat musik elektronik ini digagas oleh sejumlah komposer, antara lain Werner Meyer-Eppler, Robert Beyer, dan Herbert Eimert. Mereka selama bertahun-tahun telah melakukan brainstorming persyaratan teknis rekaman untuk musik elektronik.
Seniman di studio ini menciptakan terobosan bit, mengedit dan mencampur suara dengan memakai jenis peralatan dan komposisi teknis baru.
Tak lama setelah studio ini mampu melakukan kolaborasi untuk menciptakan musik elektronik yang sangat tampil beda pada masanya, banyak komposer dan produser datang dari tempat nun jauh. Mereka ingin terlibat dan turut menciptakan musik yang menandai inovasi di paruh kedua abad 20.
Sampai tahun 2000, studio ini terus mendorong musik elektronik dan mengembangkan suara juga gagasan baru.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan