Pencarian populer

Menteri Susi: MeowShare Perlu Izin untuk Bikin Kuis 'Nasihat Ibu Susi'

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akhirnya angkat bicara mengenai penggunaan profil dirinya dalam kuis bertajuk 'Nasihat Ibu Susi' yang belakangan viral di Facebook, namun dikhawatirkan rentan terjadi penyalahgunaan data pribadi pengguna Facebook.

Kuis ini ramai dimainkan karena memang shareable. Ia menampilkan konten yang membuat pengguna seolah-olah sedang melakukan percakapan dengan Menteri Susi di aplikasi pesan WhatsApp. Isi percakapan itu adalah nasihat yang terkesan lucu dan kadang nyeleneh. Bisa soal percintaan, kehidupan, dan karier.

Menteri Susi mengatakan, MeowShare selaku pihak yang membuat kuis tersebut, meminta izin terlebih dahulu untuk menggunakan namanya, karena harus dipastikan tidak ada penyalahgunaan yang bisa merugikan orang lain.

Saya mohon kepada MeowShare, untuk kalau membuat kuis seperti ini, memakai nama saya, ya izin dulu dong. Supaya kalau ada apa-apa saya juga tahu.

- Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Susi, yang saat ini sedang berada di Swiss untuk menghadiri acara Forum United Nation on Business and Human Rights (UNBHR), berpesan kepada para pengguna Facebook untuk berhati-hati dan sebaiknya tidak menggunakan layanan MeowShare.

Susi Pudjiastuti (Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN)

Memainkan kuis lucu-lucuan di Facebook seperti ini sangat mungkin terjadi pemberian data pribadi pengguna Facebook sebagai syarat untuk mengikutinya, padahal faedah ikutan kuis tersebut tidak tampak sama sekali.

Susi menyarankan kepada warga yang ingin mengajukan pertanyaan atau menyampaikan aspirasi, bisa berkomunikasi melalui media sosial Twitter dengan mencolek akun resmi Susi, @susipudjiastuti. "Saya jawab semampu dan sebisa saya," kata Susi, Rabu (29/11).

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook.. (Foto: Screenshot Facebook)

Biasanya, para pembuat kuis tak berfaedah di Facebook akan meminta sejumlah data personal, seperti nama, foto profil, usia, gender, bahasa, negara asal, dan informasi publik lain. Sejauh ini, tidak ada jaminan perusahaan yang membuat kuis itu akan menjaga data pengguna secara aman.

Mereka juga berusaha untuk mencari keuntungan finansial lain dari lapak iklan digital di situs web masing-masing. Semakin banyak pengunjung situs web, makin terbuka peluang perusahaan macam MeowShare mendapatkan uang lebih banyak. Tidak heran kemudian MeowShare mencatut nama Susi yang nyentrik sebagai daya tarik untuk menggaet pengguna sebanyak mungkin.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23