Pencarian populer

Mesin Pencari Google Tampilkan Info Lowongan Kerja Khusus Indonesia

Kantor Google di Beijing, China. (Foto: REUTERS/Thomas Peter)

Mesin pencari Google telah menampilkan banyak hal yang secara langsung bisa kita lihat di halaman pertama pencarian, seperti lirik hingga profil seorang tokoh. Sekarang, Google mulai menampilkan informasi lowongan pekerjaan yang dibuka khusus untuk perusahaan Indonesia.

Dalam ajang Google for Indonesia tahun 2018, Google mengatakan bahwa fitur Jobs on Google Search sudah diluncurkan di Indonesia. Fitur ini ditargetkan bisa membantu para pencari kerja untuk menemukan atau mengikuti informasi lowongan pekerjaan yang relevan.

Memasukkan kata kunci "lowongan pekerjaan" di mesin Google akan menampilkan informasi lowongan kerja dari seluruh situs web. Layanan ini kemudian bakal menggolongkan informasi lowongan kerja ke berbagai kriteria, termasuk jenis pekerjaan, industri, dan kotanya.

Jobs on Google Search (Foto: kumparan)

Dalam menampilkan informasi lowongan pekerjaan, Jobs on Google Search bakal menampilkan detail tanggal publikasi lowongan, nama perusahaan, jenis pekerjaan, pengalaman yang dibutuhkan, sampai jabatan.

Ketika salah satu informasi lowongan kerja diklik, Google bakal menampilkan informasi yang lebih detail soal syarat dan ketentuan dari lowongan tersebut. Pengguna bisa menyimpan informasi tersebut, membagikannya ke Facebook, Twitter, atau email, atau langsung melamar ke situs pencari kerja seperti Loker(dot)id, Karir(dot)com, atau ke situs yang dikelola langsung oleh perusahaannya.

Google for Indonesia 2018. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)

Director International Search di Google, Ken Tokusei, mengatakan dalam fitur ini juga akan dibuka pengiriman notifikasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan dengan para pencari kerja.

"Kami sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan, dan kami sangat optimistis akan dampaknya bagi Indonesia," kata Tokusei dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (4/12).

Google mulai membuka fitur Jobs on Google Search pada Mei 2017 yang mengidentifikasi segala jenis pekerjaan, mulai dari posisi bawah dalam struktur organisasi, sampai dengan pekerjaan profesional kelas atas.

Ia memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan machine learning dari perusahaan tersebut untuk lebih memahami bagaimana pekerjaan diklasifikasikan dan dikaitkan dengan kebutuhan para pencari kerja.

Panggung Google for Indonesia 2018. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)

Dalam acara Google for Indonesia, perusahaan ini juga membawa sejumlah teknologi yang khusus dirancang untuk pasar Indonesia, seperti Google Maps Go (versi ringan Google Maps) yang sudah bisa dipakai di Indonesia, keberadaaan aplikasi Google Assistant yang kini hadir di ponsel murah WizPhone, dan kerja sama antara Google dan Wikipedia untuk menyediakan konten berbahasa Indonesia yang lebih banyak di Internet.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: