kumparan
15 Apr 2019 8:13 WIB

Mi Mix 4 Jadi Smartphone Layar Lipat Pertama Xiaomi?

Smartphone layar lipat yang diduga Xiaomi Mi Fold. Foto: Xiaomishka/YouTube
Xiaomi telah beberapa kali memamerkan sekilas penampakan smartphone layar lipat pertamanya di media sosial Weibo. Namun, perusahaan teknologi itu belum juga memberikan kepastian kapan produknya dirilis ke publik.
ADVERTISEMENT
Selagi publik menunggu kabar terbaru dari Xiaomi soal ponsel layar lipatnya, muncul satu laporan baru yang menyinggung produk tersebut. Laporan itu menyebutkan smartphone layar lipat pertama Xiaomi diduga akan rilis sebagai Mi Mix 4.
Kabar tersebut datang dari Mashable yang laporannya berdasarkan kemunculan gambar smartphone Xiaomi Mi Mix 4 di daftar laman penyewaan smartphone Alipay.
Jika menilik ke belakang, desain smartphone seri Mi Mix memang selalu menonjol. Smartphone Mi Mix pertama hadir dengan rasio screen-to-body yang besar dan hampir tanpa bezel.
Sementara Mi Mix 2 memiliki desain yang serupa, tetapi Xiaomi menghilangkan jejak bezel di bagian atas smartphone dan membuat bezel bawah jauh lebih kecil. Kemudian Mi Mix 3 mengadopsi mekanisme kamera slider untuk kamera selfie sehingga ia memiliki rasio screen-to-body yang sangat besar dan nyaris tanpa bezel.
Diduga prototipe smartphone layar lipat Xiaomi Foto: Evan Blass/Twitter
ADVERTISEMENT
Kembali ke Mi Mix 4, dalam daftar Alipay memperlihatkan smartphone bakal hadir dengan tampilan layar full-body, layar lipat, dan sensor kamera beresolusi 60 MP.
Walau gambar ponsel tidak terlihat seperti purwarupa yang dipamerkan oleh pendiri Xiaomi Lin Bin, namun perangkat itu mungkin telah mengalami perubahan desain dalam beberapa bulan terakhir.
Pihak Xiaomi belum memberikan keterangan resmi mengenai rumor ini. Karena Xiaomi gemar meluncurkan smartphone dengan harga terjangkau, ada kemungkinan ponsel layar lipatnya ini juga dibanderol lebih murah daripada produk buatan Huawei atau Samsung.
Sebelumnya, Xiaomi pernah berkata akan menunggu waktu yang tepat untuk mengeluarkan smartphone layar lipatnya. Hal ini diumumkan langsung oleh juru bicara global Xiaomi, Donovan Sung.
ADVERTISEMENT
"Mengenai waktu peluncuran pastinya, saya pikir kami ingin menunggu dulu untuk lebih matang sebelum mengumumkannya (smartphone lipat). Yang pasti, kami berupaya menampilkan konsep smartphone lipat yang berbeda," ungkap Sung kepada VentureBeat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan