Pencarian populer

Netflix Kini Tampil dalam Bahasa Indonesia, Begini Cara Aturnya

Netflix (Foto: Pexels)

Netflix terus berusaha untuk masuk lebih dalam ke pasar Indonesia. Setelah menyediakan subtitle bahasa Indonesia untuk berbagai konten, kini Netflix menyediakan pilihan bahasa Indonesia dalam tampilan antarmukanya.

Langkah lokalisasi dilakukan sebagai usaha mendapatkan lebih banyak pengguna di Indonesia setelah mereka masuk ke pasar ini sejak 2016. Pilihan bahasa Indonesia di tampilan antarmuka Netflix baru bisa diterapkan pada 19 Oktober 2018.

Corporate Communication Netflix Indonesia Kooswardini Wulandari mengatakan, lokalisasi bahasa pada situs web maupun aplikasi Netflix untuk Indonesia merupakan bagian dari visi mereka dalam memanjakan pengguna agar nyaman dalam menonton film.

“Sekarang dengan (subtitle) bahasa Indonesia, jadi lebih mudah. User interface juga sudah dalam bahasa Indonesia. Meskipun banyak yang nyaman pakai subtitle bahasa Inggris tapi banyak juga pengguna yang lebih nyaman dengan ini (pakai bahasa Indonesia),” jelas Kooswardini dalam acara peluncuran pembaruan Netflix bahasa Indonesia di Jakarta, Rabu (17/10).

Netflix and chill.. (Foto: youtube)

Lalu bagaimana cara mengubah pengaturan bahasa pada aplikasi dan situs Netflix?

Pertama, buka Netflix lewat situs Netflix.com. Kemudian pilih Manage Profiles dan pilih profil kamu. Lalu pilih bahasa yang kamu inginkan dari menu pilihan.

Sedangkan untuk cara mengubah atau menghilangkan subtitle, caption, atau audio ke dalam bahasa lain, kamu cukup mengarahkan kursor ke layar saat film diputar. Klik ikon Dialog, yang berbentuk seperti bubble chat, kemudian pilih audio atau subtitle sesuai keinginan kamu.

Hadirkan konten film Indonesia

Selain membawa subtitle Bahasa Indonesia, Netflix juga membawa konten film lokal. Mulai dari film layar lebar yang dilisensikan pada Netflix hingga film yang diproduksi khusus atas kerja sama Netflix dan pembuat konten film Indonesia.

Kalau kamu ingin menonton film Indonesia yang belum sempat kamu tonton di bioskop, kamu bisa mencarinya dengan cara membuka menu film, dan buka pilihan genre atau aliran film pada menu drop down yang ada di bagian atas kiri. Pilih Indonesia dan kamu akan disuguhkan berbagai film karya dalam negeri yang membanggakan.

Joe Taslim di The Night Comes For Us (Foto: Screenplay Films/XYZ/Netflix)

Perlu diingat bahwa mungkin tidak semua film Indonesia yang kamu mau tonton di Netflix bisa tersedia di platform. Hal ini dikarenakan Netflix harus mendapatkan lisensi film tersebut dan tidak semua film dapat dibeli karena eksklusivitas film tersebut pada platform lain.

Netflix menjamin kalau pihaknya akan terus menambah konten film Indonesia di platform-nya, entah itu drama, dokumenter, atau film hasil kerja sama Netflix dengan produser konten film.

“Yang license akan selalu tambah. Kalau original kita masih terbuka dan terus mencari. Tapi balik lagi karena kita tidak punya pengiklan jadi kita lihat dulu demand penonton terhadap sebuah genre tertentu, karena kan buat apa kita beli license film kalau enggak ada yang nonton nanti,” kata Kooswardini.

Perkenalkan film Indonesia agar mendunia

Kini Netflix telah memiliki 130 juta pengguna dari seluruh dunia. Dengan memasukkan konten film Indonesia ke dalam platform-nya, Netflix akan menjadi wadah bagi para kreator film Tanah Air untuk memamerkan karya ke seluruh dunia.

Salah satu konten orisinal Nerflix dari Indonesia adalah film 'The Night Comes for Us' yang dibintangi oleh Joe Taslim sebagai pemeran utamanya. Kooswardini mengatakan bahwa film bergenre action thriller tersebut berhasil mengambil hati banyak pecinta film dari luar negeri ketika dipamerkan dalam acara Fantastic Fest di Austin, Texas, pada September lalu.

“Waktu kita kemarin launch di festival film (Fantastic Fest di Austin, Texas), itu animonya bagus banget, ternyata mereka suka banget konten dari Indonesia. Secara umum mereka jarang terekspos. Ini yang mau kita bangun. Enggak ada platform yang bisa menyediakan itu sebelumnya, nah Netflix mau menjadi platform tersebut,” ujar Koorwardini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: