Pencarian populer

Nokia 3310 Reborn Akhirnya Dukung Internet 3G

Nokia 3310 dalam warna merah, kuning, biru (Foto: REUTERS/Paul Hanna)

Awal tahun ini, para pengguna ponsel 'senior' alias sudah pernah merasakan era awal mula ramainya ponsel di medio 2000-an, dikejutkan dengan hadirnya kembali ponsel legendaris Nokia 3310. Ponsel itu tidak hadir benar-benar seperti dulu, tapi mengalami beberapa peningkatan di beberapa sisi.

HMD Global, selaku pemegang lisensi ponsel Nokia saat ini, sudah memasarkan Nokia 3310 di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Ponsel itu punya berbagai pilihan warna model dengan dilengkapi sistem operasi S30+ dan kamera tunggal 2 MP di bagian belakangnya.

Tapi, untuk jaringannya sendiri saat itu masih hanya mendukung konektivitas 2,5G. Oleh karena itu, HMD Global tampak ingin menambah sedikit pembaruan pada ponsel tersebut dengan bersiap merilis Nokia 3310 versi 3G di beberapa negara.

"Nokia 3310 yang kami bangkitkan kembali telah menjadi fenomena global dan budaya. Di dalam dunia yang didominasi oleh ponsel ponter, gabungan nostalgia dan desain cantik selalu menjadi bayangan orang-orang. Penggemar kami di seluruh dunia telah meminta membuat ponsel ikonik ini untuk mendukung 3G. Mereka meminta, kami pun mendengarnya dan hari ini kami menyambut Nokia 3310 3G," ujar Juho Sarvikas, Chief Product Officer HMD Global, dalam situs resmi perusahaan.

Salah satu keunggulan dari ponsel ini adalah daya tahan baterainya yang super awet. Nokia 3310 versi 2,5G memiliki waktu standby hingga satu bulan dengan waktu bicara selama 22 jam lebih. Dan dengan hadirnya model 3G dari Nokia 3310, maka waktu standby itu pastinya akan berkurang.

Nokia 3310 warna merah dan kuning (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)

HMD Global menjelaskan konektivitas data 4G dari Nokia 3310 membuatnya dapat bertahan 27 hari untuk standby dan waktu bicara selama 6,5 jam. Bisa dilihat berapa banyak berkurangnya daya tahan itu dibandingkan versi 2,5G.

Nokia 3310 versi 3G bakal dijual dengan harga 69 euro atau sekitar Rp 1 juta mulai pertengahan Oktober mendatang. Belum diketahui kapan ponsel itu akan diboyong masuk ke Indonesia dan harga resminya di pasar Tanah Air.

Sebelumnya, Nokia 3310 versi 2,5G dibanderol dengan harga Rp 650 ribu di Indonesia untuk empat varian warna, yaitu abu-abu, merah, biru gelap, hingga kuning.

Tentunya game penuh kenangan 'Snake' juga masih ada di Nokia 3310 versi 3G nantinya. Jadi, jangan khawatir kehilangan unsur nostalgianya bersama ponsel ini.

HMD Global sendiri sedang menyiapkan tiga ponsel Android dari Nokia untuk dipasarkan di Indonesia pada bulan Oktober ini. Pertama, Nokia 3 bakal dijual mulai awal bulan dengan harga Rp 1,9 juta, sementara Nokia 5 dan Nokia 6 menyusul setelahnya pada akhir bulan dengan harga yang masih dirahasiakan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20