kumparan
6 Jun 2018 17:33 WIB

Pendiri Apple Ingin Bitcoin Jadi Mata Uang Tunggal Dunia

Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple. (Foto: Wikimedia Commons)
Gagasan yang mendorong bitcoin menjadi mata uang tunggal dunia telah dikumandangkan oleh pendiri sekaligus CEO Twitter, Jak Dorsey. Gagasan ini ternyata juga diharapkan oleh Steve Wozniak.
ADVERTISEMENT
Wozniak, salah satu orang kunci yang mendirikan Apple bersama Steve Jobs, punya keinginan agar bitcoin menjadi mata uang tunggal di seluruh dunia. Pernyataan ini disampaikan saat ia menjadi pembicara di konferensi keuangan 20/20 di Amsterdam, Belanda, yang diselenggarakan pada 4 hingga 6 Juni 2018.
"Saya mendorong apa yang dikatakan Jack Dorsey, bukan berarti saya percaya itu akan terjadi, tetapi karena saya ingin menjadi seperti itu. Itu adalah pemikiran yang murni," kata Wozniak kepada CNBC, Senin (4/6).
Jack Dorsey (Foto: Rebecca Cook/Reuters)
Dorsey sendiri adalah penggemar mata uang digital atau cryptocurrency. Pada Maret lalu, Dorsey berkata dirinya percaya bitcoin bakal jadi satu-satunya mata uang di dunia dalam 10 tahun ke depan.
Wozniak pernah membeli bitcoin ketika harganya masih 700 dolar AS. Nilai bitcoin saat ini lebih dari 7.600 dolar AS sesuai dengan perdagangan cryptocurrency di bursa CoinDesk pada Rabu (6/6).
ADVERTISEMENT
Wozniak baru-baru ini menjual sejumlah bitcoin dan hanya dan menyisakan satu bitcoin. Dia mengaku hanya ingin bereksperimen dengan teknologi dan bukan menjadi investor.
Satu kata penting dari Wozniak tentang bitcoin, dia berkata ini adalah sesuatu yang "murni," lantaran mengacu pada sifatnya yang terdesentralisasi.
"Bitcoin didefinisikan secara matematis, ada sejumlah bitcoin, ada cara mendistribusikannya ... Itu murni dan tidak ada (campur tangan) manusia yang menjalankannya, tidak ada perusahaan yang menjalankan dan hanya ... tumbuh dan berkembang ... dan bertahan hidup. Itu saya sebut sesuatu yang alami dan lebih penting," katanya.
Bitcoin (Foto: REUTERS/Edgar Su)
Cryptocurrency atau mata uang virtual yang belakangan ini banyak dirilis oleh berbagai pihak, tidak dikeluarkan oleh sebuah otoritas atau pemerintah. Hal ini sangat berbeda dengan mata uang tradisional seperti dolar Amerika Serikat atau rupiah, yang diatur oleh otoritas khusus.
ADVERTISEMENT
Sebagai gantinya, dalam cryptocurrency seperti bitcoin, ada fondasi matematis dan kriptografi kompleks untuk blockchain, teknologi yang mendasari bitcoin. Jaringan bitcoin kemudian dikembangkan atau dikelola oleh komunitas independen dan itulah mengapa ia disebut sebagai desentralisasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·