kumparan
25 Jan 2019 7:20 WIB

Pertama di Dunia, Meizu Bikin Smartphone Tanpa Konektor dan Tombol

Smartphone Meizu Zero. (Foto: Meizu)
Brand smartphone asal China, Meizu, diam-diam menghadirkan inovasi terbaru di industri ponsel pintar. Meizu memperkenalkan smartphone bernama Zero dengan desain tanpa lubang konektor yang biasa digunakan untuk port charger atau jack audio dan juga tidak ada tombol di bodinya.
ADVERTISEMENT
Jadi, Meizu Zero ini benar-benar tampil polos tanpa ada hardware lubang atau bagian yang menonjol dari tombol fisik. Menurut Meizu, sebagian besar desain Meizu Zero pada bagian luar perangkat merupakan lempengan keramik yang tampak mengkilap.
Tampak depan, Meizu Zero menerapkan desain bezel-less dengan menyisakan bagian kecil di atas untuk kamera dan bawah. Sekilas desain ini mirip dengan smartphone besutan Samsung untuk seri Galaxy S dengan layar curve alias melengkung.
Sementara di bagian punggung ada kamera belakang ganda yang terletak di tengah secara vertikal. Kamera belakangnya sedikit menonjol dan tampak seperti lubang mikrofon di bagian bawahnya.
Smartphone Meizu Zero. (Foto: Meizu)
Meizu Zero memiliki layar AMOLED berukuran 5,99 inci, dan menerapkan sensor pemindai sidik jari di layar. Satu hal menarik lagi di layar adalah kehadiran teknologi "mSound 2.0" yang memungkinkan layar berfungsi sebagai speaker.
ADVERTISEMENT
Dengan kondisi tanpa lubang sama sekali, maka satu-satunya cara untuk mengisi daya baterai smartphone ini adalah secara nirkabel alias menggunakan wireless charger.
Bukan charger nirkabel biasa, Meizu menjanjikan kecepatan pengisian baterainya hingga 18W melalui teknologi "Super mCharge Wireless" yang melampaui spesifikasi 7,5W pada perangkat Apple dan kecepatan 9W yang ditawarkan oleh Samsung.
Dengan tidak adanya tombol pada smartphone ini, Meizu mengakalinya dengan menggunakan sistem umpan balik haptic untuk menawarkan tombol virtual di sampingnya untuk menghidupkan dan mematikan telepon dan menyesuaikan volume.
Meizu Zero juga menggunakan teknologi eSIM untuk menggantikan slot kartu SIM fisik. Karena pada dasarnya tidak ada lubang di bagian luar perangkat, smartphone ini juga memiliki sertifikat IP68 yang berarti tahan air dan debu.
ADVERTISEMENT
Masih banyak yang belum diumumkan Meizu tentang smartphone Zero-nya ini, seperti spefisikasi perihal performa penggunaan cip prosesor apa dan kapasitas RAM, serta ruang penyimpanan internal.
Meizu belum mengumumkan harga atau tanggal rilis untuk Zero, tetapi dengan hadirnya Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada Februari mendatang, kemungkinan Meizu akan mengumumkannya dalam waktu dekat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan