kumparan
26 Okt 2018 15:17 WIB

PewDiePie Terancam Kehilangan Gelar YouTuber Terpopuler, Kenapa?

Artis YouTube, PewDiePie. (Foto: PewDiePie via Facebook)
Felix Kjellberg, atau lebih lebih dikenal dengan nama panggung PewDiePie, saat ini masih menjadi YouTuber nomor satu seantero jagat maya. Namun, gelar tersebut terancam pindah ke tangan perusahaan hiburan dan rekaman asal India, T-Series. Bagaimana bisa?
ADVERTISEMENT
Menurut prediksi dari analis Tubular, lengsernya YouTuber asal Swedia tersebut tampaknya tidak akan lama lagi terjadi. PewDiePie yang kini memiliki 67 juta subcriber dengan total views sekitar 3 hingga 5 juta bakal tergantikan oleh T-Series pada 29 Oktober. T-Series sendiri sekarang sudah memiliki 66 juta subscriber.
Meski T-Series mungkin tidak terlalu populer di negara lain, namun jumlah views hampir setiap video mereka sudah mencapai angka yang lebih tinggi dibandingkan PewDiePie. Jadi sepertinya T-Series juga bakal ngebut dalam mengalahkan jumlah subscriber PewDiePie.
T-Series sendiri bukanlah akun YouTube individu seperti PewDiePie. Mereka adalah perusahaan perfilman dan hiburan yang memang telah ada sejak berpuluh-puluh tahun. T-Series pertama kali hadir ke dunia sebagai perusahaan yang menjual kaset lagu yang tidak hanya berisikan lagu-lagu kekinian tapi juga lagu berbahasa India asli.
ADVERTISEMENT
T-Series punya satu video dengan jumlah viewer terbanyak, yaitu video musik 'Lahore' yang dinyanyikan oleh Guru Randhawa. Video ini sudah dilihat sebanyak 602 juta lebih penonton.
Video
Ada beberapa alasan akun T-Series ini bisa menjatuhkan PewDiePie dari tahtanya di YouTube. Satu yang pasti, T-Series mampu mengunggah hingga enam video dalam sehari, sedangkan PewDiePie hanya bisa upload tak lebih dari dua. Sebagai pemilik akun individu, tentu PewDiePie kewalahan.
Belum lagi didukung dengan banyaknya populasi India, yang saat ini mencapai 1,3 miliar orang, serta pertumbuhan teknologi smartphone yang sedang tinggi-tingginya. Hal itu sangat membantu nama T-Series melambung di YouTube.
Hal tersebut terbukti menambah jumlah subscriber T-Series dengan cepat. Menurut catatan Tubular, T-Series berhasil menambah hingga sebanyak 4,2 juta subscriber pada September lalu, sedangkan PewDiePie hanya bertambah sebesar 863.000 pengikut.
PewDiePie, rajanya vlogger youtube (Foto: Youtube)
Bagi PewDiePie sendiri, ia cukup dapat menerima fakta bahwa sebuah akun YouTube perusahaan mampu mengalahkan one-man YouTuber, meski sebenarnya ini tampak seperti kompetisi yang tidak seimbang.
ADVERTISEMENT
“Saya benar-benar tidak peduli dengan T-Series, saya pada umumnya memang tidak peduli. Tetapi jika kalin berpikir bahwa YouTube telah berubah dalam hal lebih tentang korporat, maka suatu hal akan tergantikan. "Orang-orang sangat menyukai koneksi ini, saya rasa suatu hal akan muncul jika YouTube menjadi lebih tentang korporat," ungkap PewDiePie dalam sebuah videonya di YouTube dilansir Business Insider.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan