Pencarian populer

Pionir Uang Kripto Bayar Rp 65 M buat Makan Siang Bareng Warren Buffet

Founder & CEO Tron Foundation, Justin Sun. Foto: Facebook/Justin Sun
Seorang pionir mata uang kripto bernama Justin Sun rela mengeluarkan uang sebesar 4.567.888 dolar AS atau sekitar Rp 65 miliar demi bisa makan siang dengan salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet. Apa agendanya?
ADVERTISEMENT
Pria berusia 28 tahun ini ternyata adalah seorang pemilik mata uang kripto bernama Tronix atau biasa dikenal dengan sebutan Tron atau token TRX. Dalam waktu setahun, Tron kini telah menjadi mata uang kripto terbesar ke-10 di dunia, dengan valuasi mencapai 2,56 miliar dollar AS.
Nah, seperti diketahui, Warren Buffet yang merupakan bos perusahaan konglomerat Berkshire Hathaway itu adalah seseorang yang sangat membenci mata uang kripto. Ia bahkan pernah menyamakan teknologi tersebut dengan ‘racun tikus’.
Sun, sebagai salah satu pegiat mata uang kripto, ingin mendapat kesempatan untuk mengedukasi Buffett soal mata uang kripto dan teknologi pendukungnya, yakni blockchain. Oleh karena itu, ia menginisiasi makan siang bersama dengan Buffet.
Warren Buffett Foto: Reuters/Lucas Jackson
Makan siang berbayar bareng Buffett sendiri digelar untuk lelang amal. Lelang berlangsung lima hari dan dibuka secara online di eBay. Lelang telah ditutup pada Jumat (31/6) lalu.
ADVERTISEMENT
Nominal sekitar Rp 65 miliar itu hampir sepertiga lebih tinggi ketimbang rekor yang ditorehkan sebelumnya, yakni 3.456.789 dolar AS atau sekira Rp 49,2 miliar pada lelang 2012 dan 2016.
Dana yang terkumpul dalam lelang akan didonasikan kepada Glide Foundation, sebuah badan amal di distrik Tenderloin San Francisco. Warren Buffett sendiri disebutkan mengaku tak sabar untuk bisa bertemu dengan Sun dan teman-temannya.
“Saya sendiri senang Justin memenangkan makan siang bersama saya dan saya sangat tidak sabar untuk bertemu dia dan temannya,” ungkap Buffet, dilansir Reuters. “Kami akan bersenang-senang dan Glide akan mendapatkan kontribusi dari Justin untuk membantu ribuan orang.”
Warren Buffett Foto: Reuters
Selama ini, Glide Foundation bergerak di bidang kemanusiaan, melayani orang miskin, tunawisma, serta mereka yang berjuang keras untuk memerangi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan. Buffet menjadi orang yang mengumpulkan dana sekitar 34,2 juta dolar AS atau lebih kurang Rp 487 miliar untuk Glide Foundation.
ADVERTISEMENT
Penggalangan dana kemudian berpindah secara online ke eBay pada 2003. Istri pertama Buffet, Susan, yang meninggal dunia pada 2004 adalah sosok memperkenalkan sang miliarder itu kepada Glide Foundation. Susan terlebih dahulu aktif sebagai sukarelawan untuk kegiatan amal tersebut.
Buffett berkomitmen untuk melanjutkan pelelangan selama masih mampu. Ia telah menjadi mitra Glide Foundation dan memikirkan cara mengelolanya selama 50 tahun ke depan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86