Pencarian populer

Qualcomm Rilis Snapdragon 855 Plus untuk Smartphone Gaming

Cip prosesor Qualcomm Snapdragon. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Mengikuti tren smartphone gaming yang terus tumbuh, Qualcomm punya cara jitu untuk meningkatkan performa suatu perangkat. Perusahaan manufaktur asal Amerika Serikat ini kembali merilis prosesor terbaru yang dikhususkan untuk smartphone gaming, yaitu Snapdragon 855 Plus.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya cip prosesor ini adalah pengembangan dari seri Snapdragon 855 yang telah dirilis pada akhir tahun 2018 lalu. Kini setelah melalui pengembangan Qualcomm mengeluarkan Snapdragon 855 Plus dengan beberapa peningkatan.
Perubahan besar adalah pada cip grafisnya, di mana GPU Adreno 640 memiliki clock lebih tinggi dan memberikan peningkatan kinerja 15 persen lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara itu, inti CPU Kryo 485 ditingkatkan menjadi 2,96 GHz, naik dari 2,84 GHz atau mengalami peningkatan sekitar 4 persen.
"Platform Mobile Snapdragon 855 Plus adalah kekuatan baru yang harus diperhitungkan, membuka kekuatan dan kinerja maksimal untuk game mobile. Platform pengubah permainan ini dibangun untuk kecepatan dan kinerja yang ditingkatkan, menghadirkan rendering grafis 15 persen lebih cepat dan peningkatan kinerja CPU dari Snapdragon 855 standar," tulis Qualcomm, di situs resminya.
Kantor Qualcomm di Jakarta, Indonesia. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Ada banyak fitur yang dibawa oleh Snapdragon 855 Plus ini, seperti Qualcomm Snapdragon Elite Gaming dan Qualcomm AI Engine akan membuat pengguna merasakan permainan game mobile yang cepat, halus, dan hemat daya. Ada juga teknologi audio Qualcomm aptX dan audio Qualcomm Aqstic yang dirancang untuk menghadirkan audio premium dengan suara surround real-time.
ADVERTISEMENT
Melalui cip Snapdragon 855 Plus, sebuah smartphone bisa menampilkan visual game mobile kualitas HDR dengan visual lebih dalam dari 1 miliar warna sehingga setiap game ditempatkan dalam perspektif hiper-realistis.
Selain itu, Snapdragon 855 Plus juga dilengkapi dengan modem X24 LTE dan secara opsional dapat dihubungkan ke modem eksternal X50 untuk dukungan 5G. Tidak ada perubahan dalam RAM atau dukungan penyimpanan.
Sejauh ini, belum ada konfirmasi perangkat smartphone apa yang akan didukung dengan cip Snapdragon 855 Plus. Namun, kabarnya, Asus ROG Phone 2 dan Samsung Galaxy Note 10 digadang-gadang akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan cip prosesor ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81