kumparan
10 Des 2018 19:58 WIB

Realme Belum Mau Bikin Smartphone dengan Kamera Banyak

Bodi belakang Realme U1. (Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan)
Smartphone anyar Realme U1 telah resmi meluncur di Indonesia pada hari ini, Senin (10/12). Seri U dihadirkan Realme untuk memperluas rangkaian produknya, di mana di seri ini fitur yang difokuskan adalah kemampuan kamera selfie.
ADVERTISEMENT
U1 menjadi varian Realme pertama yang fokus pada sektor kamera selfie dengan konfigurasi kamera depan beresolusi 25 MP. Untuk spesifikasi kameranya sendiri, Realme menggunakan sensor Sony IMX576 dengan bukaan lensa f/2.0 yang diklaim memiliki performa sangat baik saat menangkap gambar dalam kondisi redup cahaya.
Sedangkan kamera belakangnya, Realme mengusung teknologi kamera ganda dengan konfigurasi masing-masing 13 MP dengan bukaan lensa f/2.2, serta 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4.
Meski kini berbagai vendor smartphone sudah mulai mengembangkan smartphone dengan kamera belakang lebih dari dua lensa, Realme mengaku bahwa saat ini mereka merasa kamera ganda saja sudah cukup.
“Tren sekarang masih kamera ganda. Itu buat apa sih? Buat bikin bokeh. Tren penambahan kamera itu tergantung pengguna user ingin experience kamera itu seperti apa. Apa 360 (derajat) atau apa? Sekarang masih belum sampai di situ. Sekarang masih dual camera, bisa bikin efek bokeh,” ujar Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, saat ditemui di sela peluncuran Realme U1 di Jakarta, Senin (10/12).
Bodi depan Realme U1. (Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan)
Untuk Realme U1 yang dirancang untuk kamera fotografi sendiri, Felix mengungkap jika smartphone tersebut kurang tepat jika disematkan teknologi kamera dalam jumlah yang banyak. Menurutnya, konfigurasi kamera depan dengan resolusi yang besar didukung dengan kamera belakang ganda sudah mencukupi kebutuhan pengguna.
ADVERTISEMENT
“Nantilah kalau mau tambah kamera buat yang lebih flagship. Buat Realme U1 dual camera cukup,” tambahnya.
Saat ini, beberapa vendor smartphone seperti Samsung pada Galaxy A7 dan Huawei pada P20 Pro sudah mulai menyematkan konfigurasi tiga kamera belakang. Bahkan Samsung sudah meluncurkan smartphone empat kamera belakang yang dihadirkan pada Galaxy A9.
Selain itu, vendor lainnya seperti Xiaomi dan Vivo juga tampaknya akan mulai mengikuti jejak tersebut. Perlombaan smartphone tiga kamera tampaknya akan semakin sengit. Tak bisa dipungkiri pula jika teknologi tiga kamera atau lebih bisa menambah variasi pengambilan gambar lewat sebuah smartphone.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan