Pencarian populer

Remaja Hacker Akun Fortnite Bisa Raih Puluhan Juta Rupiah Seminggu

Game Fortnite. (Foto: Epic Games)

Di zaman sekarang, siapa saja bisa berpenghasilan tinggi selagi mau kerja keras dan punya keterampilan khusus. Seperti misalnya sekelompok remaja yang sudah memiliki pendapatan hingga ribuan pondsterling atau sekitar puluhan juta rupiah hanya dalam waktu seminggu.

Itulah yang dirasakan oleh sekelompok remaja peretas akun pribadi pemain game 'Fortnite'. Dengan bakat mereka menyelundup ke dalam akun 'Fortnite' milik orang lain, dalam sekejap, mereka bisa menyulap akun tersebut menjadi uang berjumlah besar.

Sekitar 20 peretas mengatakan kepada BBC, mereka mencuri akun game pribadi orang lain dan menjualnya kembali secara online. Akun yang dicuri bernilai besar di pasar gelap karena mereka membawa barang-barang yang dibayar dengan uang sungguhan.

Penjualan tersebut termasuk 'skin' yang berfungsi untuk mengubah tampilan karakter dan perkakas lain yang dimiliki karakter dalam game.

Kelompok peretas ini merupakan kumpulan dari 20 remaja berusia belasan tahun yang sudah berpengalaman dalam hal retas-meretas akun game. Salah satu anggota tim yang masih berusia 14 tahun menceritakan bagaimana sebuah tim kriminal siber memperkenalkan dirinya dengan dunia peretasan.

"Saya didekati oleh sekelompok peretas dan mereka mengatakan kepada saya apa itu dan semua tentang 'combo', 'proxy', dan saya pikir mereka memberitahu saya cara membajak akun," katanya.

Fortnite Battle Royale (Foto: EpicGames)

Mereka juga mengajari bagaimana cara menemukan nama pengguna dan kata sandi orang secara online dan kemudian menjual akun tersebut. Akun yang diretas dapat mencapai mulai dari 25 hingga ratusan poundsterling.

"Pada dasarnya ini adalah keberuntungan. Anda bisa mendapatkan akun yang bagus atau tidak. Orang-orang menyukai kelangkaan 'skin' dan ini tentang penampilan mereka dan pamer ke teman-teman," ujarnya.

Ketika melakukan peretasan, para penjahat ini mengaku akun yang memakai autentikasi dua faktor cenderung sulit untuk dibobol. Fitur ini biasanya akan mengirim kode kunci ke alamat email atau SMS pada smartphone pemilik akun.

Game Fortnite. (Foto: Epic Games)

Untuk itu, disarankan bagi para pemain 'Fortnite' agar mengaktifkan autentikasi dua faktor. Caranya ialah cukup membuka pengaturan akun dan klik ‘Kata Sandi & Keamanan’. Di bagian bawah halaman, di bawah tulisan ‘Otentikasi Dua Faktor’, pemain dapat memilih apakah mereka menginginkan aplikasi autentikator atau email sekunder sebagai metode dua faktor.

Pengembang game 'Fortnite', Epic Games, sejauh ini masih enggan mengomentari laporan tersebut namun mereka mengatakan akan melakukan peningkatan keamanan akun.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33