Pencarian populer

Restoran di India Pakai Robot untuk Antar Makanan

World Robot Conference di Beijing (Foto: China Daily)

Pernahkah kamu membayangkan dilayani oleh robot saat makan di restauran? Kalau kamu berimajinasi seperti itu, maka kamu tidak salah karena ternyata bayanganmu itu sudah ada di dunia nyata. Kamu bisa melihat dan merasakan langsung dilayani robot di sebuah restoran di India Selatan.

Di restoran bernama ROBOT di Chennai itu, pengunjung akan menemukan robot-robot yang seliweran mengantarkan makanan dan minuman yang telah dipesan ke meja-meja pengunjung. Ya, seperti pelayan manusia pada umumnya.

Tidak hanya membawa makanan dan minuman saja, robot-robot itu juga telah diatur untuk mengambil piring kotor. Hebat bukan?

Meski begitu, sebenarnya robot pengantar makanan memang bukan sebuah hal baru, tapi ini jadi yang pertama di India. Walau dikenal sebagai negara penghasil developer handal, India ternyata belum memanfaatkan kemajuan teknologi di industri rumah makan.

Video

"Kami telah mencoba berbagai desain restoran dengan beragam tema. Kemudian, akhirnya kami memutuskan bahwa kami dapat melakukan sesuatu yang berbeda yang tidak ada di India. Saat itulah kami memutuskan pada restoran tema robot, di mana kami bisa membawa robot untuk benar-benar membawa makanan," jelas pendiri restoran, Karthik Kannan, seperti dilansir The Straits Times.

"Saya telah melihat ini di banyak negara di luar negeri, jadi saat itulah kami memutuskan mengapa tidak membawanya ke India?" tambahnya.

Loading Instagram...

Di dalam restoran, pelanggan dapat memesan makanan melalui ponsel tablet yang terdapat di atas meja. Kemudian perintah itu dikirim langsung ke sistem di dapur. Setelah pesanan siap, salah satu robot akan mengambilnya dan mengantarkannya ke meja.

"Mereka dirancang sedemikian rupa sehingga mereka tahu hidangan mana yang harus pergi ke meja mana. Mereka juga akan berhenti jika ada yang menghalangi jalan mereka," lanjut Kannan.

Salah satu pelanggan mengatakan layanan ini membuatnya mendapatkan pengalaman yang berbeda dari restauran tersebut. Kehadiran robot membuat pelayanan menjadi lebih cepat.

"Kami tidak menyangka (makanan) bakal diantar secepat itu. Pelayanannya sangat cepat dan mereka (robot) sangat interaktif dan kami menikmati pelayanan dari para robot," kata Roopa, seorang pelanggan di restoran tersebut, kepada The Straits Times.

Hadirnya robot pengantar makanan ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi restoran tersebut.

Banyak pengunjung yang datang tidak hanya ingin menyantap makanan dan minuman yang dihidangkan saja, melainkan banyak juga yang berfoto selfie dengan para pelayan robot. Tertarik mengunjungi?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31