kumparan
20 Apr 2019 19:46 WIB

Sony Akhirnya Ungkap Detail Pertama PlayStation 5

Bermain konsol game Sony PlayStation 4. Foto: Ina Fassbender/Reuters
It's happening! Setelah sekian lama hanya sebatas rumor saja, akhirnya Sony mengungkap detail pertama konsol generasi selanjutnya penerus PlayStation 4. Konsol yang diyakini bakal dinamakan PlayStation 5 akan memiliki sejumlah fitur menarik dan tentunya performa yang lebih kuat.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah wawancara dengan Wired, Kepala Pimpinan Arsitek PS4, Mark Cerny, berbicara banyak hal tentang konsol penerus PS4. Misalnya, ia mengatakan PS5 dibangun berdasarkan arsitektur PS4, yang membuatnya bisa memainkan game-game PS4. Fitur backward compatible ini sangat dinantikan oleh para penggemar konsol PlayStation.
Sejumlah pernyataan Cerny dengan Wired mengindikasikan PS5 adalah pembaruan dari PS4 dengan teknologi yang lebih canggih. Tidak seperti PS3 yang mengalami perubahan signifikan dibandingkan PS2.
PS5 ia sebut akan ditenagai chip AMD dengan CPU yang berbasis generasi ketiga Ryzen. Chip ini memiliki delapan inti microchip Zen 2 berukuran tujuh nanometer. Walau konsol ini sudah mendukung resolusi 8K, tapi tentunya semua akan tergantung pada televisi yang digunakan.
Logo Sony Music di Tokyo Foto: Yuya Shino/Reuters
Untuk unit grafisnya, PS5 akan menggunakan versi custom dari lini Navi milik Radeon. Chip grafis ini akan mendukung ray tracing, sebuah istilah yang populer di dunia film dan video game. Ray tracing bisa dibilang sebagai teknologi yang dapat membuat grafis dan suasana game terasa lebih realistis.
ADVERTISEMENT
"Kalau kamu mau menguji untuk melihat apakah seseorang dapat mendengar suara tertentu atau musuh dapat mendengar langkah kaki seseorang, ray tracing bisa dipakai untuk itu. Itu sama seperti memberi cahaya ke semua lingkungan (dalam game)," ujar Cerny.
Audio memang menjadi salah satu peningkatan utama pada PS5 yang diungkap oleh Cerny. Chip AMD yang dipakai akan menyediakan fitur audio 3D dan ini menurut Cerny adalah kunci untuk menghadirkan game yang lebih realistis.
Pembicaraan tentang hal ini tentu akan mengarah ke perangkat virtual reality PlayStation VR. Namun, Cerny tidak mengungkap apapun tentang perangkat PlayStation VR terbaru, tapi ia memastikan perangkat PSVR saat ini kompatibel dengan PS5.
Fitur kunci lainnya dari PS5 yang diungkap Cerny terletak pada sektor hard drive. Para pengembang PS5 ingin menggunakan solid-state drives (SSD) pada konsol itu nantinya, yang lebih kencang kinerjanya dibanding yang sekarang dipakai pada PS4.
ADVERTISEMENT
Cerny juga sempat memberikan 'kisi-kisi' jika game rancangan sang legendaris Hideo Kojima, 'Death Stranding', akan menjadi salah satu game pertama di PS5. Tapi hal ini belum bisa dikonfirmasi dan baru dipastikan hadir di PS4 terlebih dahulu.
Mendengar semua hal tentang PS5 ini pasti membuat para gamer di seluruh dunia merasa senang dan tidak sabar. Namun, sayangnya Cerny enggan mengungkap jadwal peluncuran PS5. Kemungkinan, PS5 baru akan hadir dalam waktu 1 sampai 2 tahun ke depan.
Satu hal yang perlu digarisbawahi dari PS5 adalah konsol ini nantinya masih menerima piringan fisik, yang artinya tidak semuanya dalam bentuk digital.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan