Pencarian populer

Spotify Tuduh Apple Music Lakukan Persaingan Tidak Sehat

Platform streaming musik Spotify. Foto: Christian Hartmann/Reuters
Platform streaming musik Spotify mengajukan protes terhadap Apple yang dilayangkan lewat Komisi Uni Eropa. Spotify menuduh Apple telah mempersempit persaingan di pasar musik online.
ADVERTISEMENT
Dengan kontrol sebagai pemilik sistem, Spotify menuduh aplikasi Apple Music yang ada di dalam iPhone membuat persaingan menjadi tidak adil. Kontrol Apple terhadap App Store dianggap mempersempit pilihan konsumen terkait layanan streaming musik.
Dalam keluhannya, Spotify bercerita bahwa platform dari luar Apple diwajibkan untuk membayar biaya 30 persen yang dikenakan untuk menggunakan sistem pembelian dalam aplikasi (IAP) Apple.
"Dalam beberapa tahun terakhir, Apple telah memperkenalkan aturan tentang App Store yang dengan sengaja membatasi pilihan dan menghambat inovasi dengan mengorbankan pengalaman pengguna - pada dasarnya merugikan pengembang aplikasi lain," kata pendiri sekaligus CEO Spotify, Daniel Ek, dilansir South China Morning Post.
Sejumlah orang menggunakan smartphone di luar toko Apple. Foto: REUTERS / Thomas Peter
Penagihan ini terjadi sejak 2014, bertepatan dengan pertama kalinya Apple meluncurkan Apple Music. Mereka juga dipaksa untuk menaikkan biaya bulanan layanan premium dari 9,99 euro (sekitar Rp 160 ribuan) menjadi 12,99 euro (Rp 210 ribuan).
ADVERTISEMENT
Kini perusahaan sudah berhenti menggunakan platform pembayaran Apple. Hal ini membuat konsumen Spotify hanya bisa memperpanjang berlangganan secara tidak langsung, seperti di laptop.
Dengan 207 juta pengguna dan 96 juta di antaranya adalah pelanggan berbayar, Spotify tidak ingin hal seperti ini menjadi penghambat platform untuk berkembang.
"Jika kami memilih untuk tidak menggunakan sistem pembayaran Apple, mereka akan menerapkan serangkaian batasan pengalaman teknis dan pengalaman pengguna pada Spotify," jelas Ek.
Fitur perintah suara Siri di perangkat Apple. Foto: REUTERS/Stephen Lam
Diketahui aplikasi berbasis konten memang sulit memasukkan tautan eksternal ke halaman Apple, termasuk informasi produksi, diskon atau promosi, dan kesulitan saat ingin memperbaiki bug. Namun ini hanya berlaku di Apple, Android tidak memiliki pembatasan itu.
Asisten digital Siri juga diketahui tidak dapat menghubungkan iPhone ke Spotify. Apple juga menolak Spotify hadir sebagai aplikasi di Apple Watch-nya. Meski begitu, Spotify menolak berterus terang tentang kerugian yang dideritanya.
ADVERTISEMENT
"Kami merasa yakin dengan analisis ekonomi yang kami serahkan ke komisi. Jika tidak adanya batasan dari Apple, kami yakin bisa melakukan yang lebih baik dari yang telah kita lakukan sejauh ini," kata penasihat hukum Spotify, Horacio Guiterrez.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85