kumparan
19 Sep 2018 13:51 WIB

Sudah Lebih dari Jam 1 Siang, Situs SSCN CPNS 2018 Sulit Diakses

Ilustrasi CPNS. (Foto: BKN)
Badan Kepegawaian Negara (BKN) berjanji bakal membuka website sscn.bkn.go.id untuk mengumumkan informasi tentang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada pukul 13.00 WIB, Rabu (19/9). Namun, nyatanya pukul 13.40 ketika berita ini ditayangkan situs tersebut sulit untuk diakses.
ADVERTISEMENT
Ketika tim kumparan mencoba membuka situs SSCN, halaman situsnya tidak kunjung keluar dan terus loading. Kami mencoba membukanya mulai pukul 13.00 hingga 13.30. Bahkan, sesekali ada keterangan 'the site can't be reached' ketika mencoba membuka situs SSCN CPNS 2018.
Padahal, sebelumnya BKN telah menjanjikan server situsnya siap menghadapi serbuan para pelamar yang ingin mendaftarkan diri untuk CPNS 2018.
“Tentu ada potensi down, tetapi untuk tahun ini teman-teman BKN sudah lakukan cara, pasti bersama Kominfo dan BSSN, lalu ada swasta seperti Telkom yang bantu kami. Sehingga kalau ada upgrading traffic, dari yang sekarang 1 gigabyte bisa dibantu,” ucap Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam jumpa pers di gedung BKN, Cawang, Jakarta, Rabu (19/9).
ADVERTISEMENT
Diketahui, BKN berencana untuk mengumumkan jajaran formasi dan instansi yang akan membuka penerimaan untuk sebanyak 238.015 posisi di situs SSCN pada hari ini. Tapi tampaknya para pelamar harus bersabar menunggu karena situsnya masih sulit diakses sampai sekarang.
Peserta CPNS Kementan. (Foto: Dok. Kementan)
Jika pengumuman informasi ini sudah bisa diakses, selanjutnya pelamar bisa melakukan pendaftaran di website SSCN untuk jabatan yang diinginkan. Untuk CPNS tahun ini, pelamar hanya boleh mendaftar di satu jabatan, satu formasi, dan satu instansi.
Untuk alur pendaftaran secara online di website sscn.bkn.go.id, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Bikin akun SSCN 2018
- Untuk membuat akun, pilih menu Registrasi
- Pelamar mengisikan: NIK, Nomor KK, dan NIK Kepala Keluarga
- Pelamar mengisikan alamat email aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan
ADVERTISEMENT
- Pelamar mengunggah pas foto minimal 120 kb maksimal 200 kb dengan format .JPG, .JPEG
2. Cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018
3. Login ke portal SSCN dengan NIK dan Password yang telah didaftarkan
4. Upload foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun SSCN 2018
5. Pilih instansi, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan
6. Lengkapi data pada form yang tersedia
7. Upload dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi
8. Cek kembali data yang telah diisi pada form Resume
9. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018
Nantinya, dokumen yang sudah dikirim akan diperiksa oleh tim Verifikator berdasarkan syarat pendaftaran. Kemudian pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Ujian yang akan dipakai untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai ketentuan instansi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan