kumparan
28 Mar 2018 12:46 WIB

Target Honor di Indonesia: Jadi Brand Smartphone Nomor 1

Perusahaan smartphone asal China, Honor. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Persaingan smartphone di Indonesia akan semakin panas dengan kehadiran satu lagi pemain baru asal China, yakni Honor. Merek smartphone yang awalnya didirikan oleh Huawei Consumer Business Group pada 2013 ini, cukup mencuri perhatian di negara asalnya.
ADVERTISEMENT
Honor mengklaim dirinya menempati posisi pertama penjualan smartphone melalui online pada tahun 2017 di China dan bahkan mengalahkan Xiaomi. Untuk membuktikan mereka bukan hanya jagoan kandang, Honor berekspansi ke beberapa negara termasuk mencoba peruntungan di pasar Indonesia.
Presiden Honor Indonesia, James Yang, meyakini pasar smartphone Indonesia yang luas dan terus tumbuh serta didukung penetrasi internet yang cepat bergerak membuat Honor tertarik berekspansi ke Indonesia.
"Banyak yang bisa dilakukan dalam mengerahkan pasar smartphone di Indonesia. Honor ingin menjadi bagian dan akan terus mengembangkan potensi pasar di sini," katanya saat ditemui di acara peluncuran trio smartphone Honor di Jakarta, Selasa (27/3).
Keseriusan Honor di pasar smartphone Indonesia tidak main-main. Sang CEO, George Zhao, menyatakan Honor menargetkan untuk menduduki peringkat pertama brand smartphone terlaris di Indonesia.
CEO Honor, George Zhao, dalam jumpa pers. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Zhao mengatakan target Honor ini dianggap realistis, karena menurutnya apa yang akan dilakukan Honor di Tanah Air, sudah melalui proses riset pasar selama 4 tahun dan mereka percaya diri untuk bersaing dengan brand smartphone global.
ADVERTISEMENT
"Kini hari ini kita masuk ke Indonesia, setelah mempelajari pasar anak muda selama 4 tahun akhirnya kami mengerti pasar. Bagi Honor kami tidak sendirian, kami sudah punya teman untuk bekerja sama dan target Honor adalah menjadi peringkat pertama merek kesayangan kaum muda indonesia, hal ini bukan hanya masalah jumlah penjualannya tetapi masuk ke hati pelanggan muda Indonesia," ungkap Zhao.
Honor baru saja meluncurkan tiga smartphone pertamanya untuk konsumen Indonesia, yakni Honor 9 Lite yang dibanderol Rp 2,5 juta, Honor 7X Rp 3,5 juta, dan Honor View 10 Rp 7,3 juta. Untuk penjualan awal di Indonesia, Honor menggandeng 2 situs e-commerce, yaitu Shopee dan Lazada.
Tiga ponsel Honor yang akan masuk Indonesia. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Ketiga smartphone itu memiliki keunggulan masing-masing, Honor 7X diutamakan pada layar yang lebar dan cocok untuk bermain game atau nonton video. Kemudian Honor 9 Lite bakal menjadi tumpuan Honor di sektor fotografi, serta Honor View 10 pada kemampuan artificial intelligence (AI).
ADVERTISEMENT
Bidik pasar generasi milenial
Honor ternyata selama ini mengandalkan pasar anak muda atau generasi milenial sebagai konsumen utamanya. Sebagai tanda bahwa fokus utama adalah generasi milenial, Honor memilih penyanyi internasional, Lenka sebagai brand ambassador globalnya.
Kerja sama keduanya ditandai dengan lagu yang dinyanyikan Lenka secara khusus untuk Honor. Lagu berjudul 'We Are the Brave' dirilis Honor di platform YouTube.
Lenka di acara peluncuran ponsel Honor. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Pemilihan Lenka sebagai brand ambassador sesuai dengan tujuan Honor yang ingin menggandeng segmentasi anak muda atau generasi milenial sebagai pasar utamanya. Strategi mereka untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menghadirkan produk yang sesuai dengan minat dan keinginan anak muda, juga promosi yang dapat dijangkau oleh mereka.
Zhao menjelaskan Honor mengambil segmen anak muda atau generasi milenial menjadi kunci pasar utama. Cara untuk memikat pasar tersebut, Honor fokus pada menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan anak muda dan juga promosi yang dapat dijangkau oleh mereka.
ADVERTISEMENT
"Kita memberikan desain produk dan teknologi yang sangat dibutuhkan anak muda. Peran generasi milenial itu penting untuk pasar kami di mana mereka membicarakan sesuatu di internet maka Honor akan menjadi kebiasaan mereka untuk menciptakan produk yang mereka inginkan," tuturnya.
Di Indonesia. Honor bekerja sama dengan PT. Icool Internasional Indonesia untuk mendistribusikan smartphone. Meski baru melakukan penjualan pertama kali di Indonesia, Honor sudah memiliki 25 lokasi purna jual di seluruh Indonesia yang bisa melakukan perbaikan ataupun memberi dukungan kepada para konsumen.
Honor bakal fokus terlebih dahulu di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Ke depannya, Honor juga akan terus mengembangkan pasarnya secara luas.
Dapatkah Honor menggoyang posisi lima besar brand smartphone terlaris di Indonesia? Kita lihat saja.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan