Pencarian populer

Telkomsel Tertarik Pakai Palapa Ring untuk Perkuat Jaringan

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah. Foto: Antara Foto/Zabur Karuru

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun jaringan serat optik untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia, mulai dari ujung barat sampai ujung timur, dengan internet cepat. Proyek yang bernama Palapa Ring ini terbagi dalam tiga paket: Barat, Tengah, dan Timur.

Salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel, membuka peluang memanfaatkan infrastruktur tersebut meski sudah punya jaringan kabel laut sendiri. Direktur Utama Telkomsel Ririek Ardiansyah berkata, kemungkinan pihaknya memakai Palapa Ring untuk memperkuat jaringannya ada.

"Kita kan juga sudah punya sendiri, tapi kemungkinan pakai itu (Palapa Ring) ada nanti. Tapi belum tahu di segmen mana kita pakai. Kalau memang ada segmen yang berguna atau melengkapi, potensi itu ada," katanya dalam acara buka puasa bersama di Telkomsel Smart Office di Jakarta, Senin (20/5).

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan

Ririek menambahkan, Palapa Ring ini hanya cover salah satu komponen yang ada, untuk backbone-nya saja. Di luar itu masih banyak komponen yang harus dipersiapkan operator, mulai dari penempatan BTS hingga berapa kapasitas yang dibutuhkan.

"Jadi sebenarnya Palapa Ring hanya backbone di mana kalau semua operator pakai itu bukan berarti suatu persaingan, karena di luar itu masih banyak penggunaan yang jauh lebih besar," tambahnya.

Untuk paketnya sendiri, Ririek mengatakan Telkomsel kemungkinan bakal memilih wilayah Tengah dan Timur.

Telkomsel Smart Office di Jakarta. Foto: Jofie Yordan/kumparan

Saat ini, Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah telah rampung dibangun dan sudah mulai dioperasikan. Palapa Ring Barat telah mulai beroperasi sejak Maret 2018, sementara Palapa Ring Tengah sudah beroperasi per Desember 2018.

Tinggal satu paket lagi, yakni Timur, yang belum selesai dibangun dan dioperasikan. Menurut Menteri Kominfo Rudiantara, progres pembangunan Palapa Ring Timur sudah mencapai 96 persen per Mei 2019 dan ditargetkan beroperasi pada Juni atau Juli 2019.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57