Pencarian populer

Telkomsel Uji Bike-sharing di UI, Bisa Buka Gembok Sepeda Pakai Ponsel

Aplikasi Spekun untuk bike-sharing di UI. (Foto: Telkomsel)

Telkomsel bekerja sama dengan Universitas Indonesia, Depok, melakukan uji coba konsep bike-sharing sebagai bentuk akselerasi penerapan Internet of Things (IoT) di Indonesia. Hal ini dilakukan bersamaan dengan Telkomsel yang pertama dalam melakukan komersialisasi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) di Indonesia.

Telkomsel mendemonstrasikan pengembangan uji coba bike-sharing pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi NB-IoT.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan Telkomsel secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global.

“Uji coba bike-sharing ini merupakan bagian dari pengembangan teknologi NB-IoT yang kami lakukan untuk melengkapi teknologi IoT yang telah diimplementasikan sebelumnya sebagai kelanjutan dari inovasi platform FleetSight dan Connectivity Control Center Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu,” katanya dalam keterangan resmi.

Sepeda Kuning

Bike sharing adalah sebuah konsep layanan peminjaman sepeda kepada publik dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya. Teknologi yang diterapkan pada ekosistem sepeda kuning (Spekun) di kampus UI Depok tersebut adalah teknologi bike-sharing generasi keempat plus (4+) yang merupakan penyempurnaan dari sistem bike-sharing generasi keempat.

Konsep yang ditawarkan dalam bike-sharing generasi 4+ ini adalah peminjaman sepeda berbasis aplikasi smartphone, dengan didampingi penyediaan tiang atau dock parkir berbasis radio-frequency identification (RFID).

Aplikasi yang dipakai dalam sistem Spekun adalah aplikasi Android “Spekun” yang dilengkapi dengan perangkat SmartLock yang dibenamkan pada sepeda. Dengan aplikasi Spekun ini akan memudahkan pengguna dalam melacak ketersediaan jumlah Spekun yang ada di dock terdekat dengan pengguna.

Uji coba layanan bike-sharing di UI. (Foto: Telkomsel)

Pada uji coba bike-sharing di UI, pengguna dapat membuka aplikasi Spekun terlebih dahulu, setelah itu aplikasi akan secara otomatis mendeteksi lokasi pengguna dan tiang docking bike sharing terdekat beserta jumlah ketersediaan Spekun di tiang tersebut.

Kemudian ketika sampai di tiang sepeda, pengguna melakukan scan QR code pada bagian keranjang depan sepeda melalui aplikasi Spekun, dan jika ditemukan hak akses pengguna atas sepeda itu, maka SmartLock akan membuka gembok secara otomatis dan sepeda siap digunakan. Setelah selesai menggunakan sepeda, pengguna dapat mencari tiang bike sharing terdekat untuk memarkir sepeda.

Uji coba layanan bike-sharing di UI. (Foto: Telkomsel)

Sistem bike-sharing generasi 4+ ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Banopolis sebagai penyedia sistem bike-sharing dan Huawei sebagai penyedia infrastruktur jaringan dan teknologi NB-IoT. Untuk tahap awal, Telkomsel bersama mitra mengimplementasikan solusi bike-sharing di UI untuk tiga stasiun bike-share, sebanyak 20 sepeda dan 40 tiang dock parkir.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63