Pencarian populer
Tembus Rp 13,5 Juta, Nilai Bitcoin Catat Rekor
Dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (Foto: bitcoinhub)

Mata uang virtual Bitcoin mengakhiri 2016 dengan gemilang. Pada 1 Januari 2017, nilai tukar 1 Bitcoin berhasil menyentuh 1.000 dollar AS (setara Rp 13,5 juta) untuk pertama kali dalam tiga tahun terakhir.
Nilai Bitcoin sempat tumbuh 2,5 persen menjadi 1.022 dollar AS di bursa Bitstamp yang berbasis di Eropa, dan ini tercatat sebagai nilai tertinggi sejak Desember 2013.
Bitcoin yang merupakan cryptocurrency berbasis web, tidak memiliki aturan dari bank sentral. Ia mengandalkan ribuan komputer di seluruh dunia yang memvalidasi transaksi dan menambahkan sistem Bitcoin ke dalamnya.
Nilai Bitcoin sempat meningkat 10 kali lipat dalam dua bulan di akhir 2013 dan mencapai 1.100 dollar AS sebelum aksi peretasan yang menimpa bursa Mt. Gox di Jepang dan membuatnya turun menjadi 400 dollar AS pada pekan selanjutnya. Dalam dua tahun belakangan, kondisi mata uang digital ini tercatat lebih stabil.
Bitcoin bisa didapat dengan cara jual-beli atau ditambang untuk mendapatkannya. Proses penambangan tentu saja dilakukan secara digital memanfaatkan alat khusus, misalnya dongle USB, yang telah diprogram untuk peranti lunak Bitcoin.
Sifat Bitcoin ini sering digunakan untuk memindahkan uang di seluruh dunia secara cepat dan anonim, sehingga tidak diawasi oleh pihak otoritas.
Bitcoin juga menarik bagi mereka yang khawatir dengan kurangnya pasokan uang tunai seperti yang terjadi di India pada November 2016. Kala itu, Perdana Menteri India Narendra Modi menarik mata uang dengan denominasi tinggi dari sirkulasi pada November lalu.
"Perkembangan perang uang tunai dan saham, membuat Bitcoin dapat berjalan terus, jika terlalu beresiko, maka jadi alternatif," ujar Paul Gordon, Anggota Dewan Asosiasi Mata Uang Digital Inggris, seperti dikutip Reuters.
Walaupun nilai Bitcoin sekarang belum mengalahkan rekor tertinggi sebesar 1.163 dollar AS pada akhir 2013 di bursa Bitstamp, sekarang ada lebih banyak Bitcoin yang beredar dan terus bertambah setiap 10 menitnya. Total nilai Bitcoin diprediksi bisa mencetak rekor tertinggi di atas 16 miliar dollar AS.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: