kumparan
21 Nov 2017 18:20 WIB

Tiket.com Ungkap Makna di Balik Logo Barunya

Logo baru Tiket.com. (Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan)
Tiket.com mulai memakai dan mempromosikan logo barunya pada pekan lalu, dan itu menimbulkan banyak pertanyaan soal makna di balik logo terkini, terutama soal lingkarang kuning berukuran besar yang jadi pemisah antara teks "tiket" dan "com."
ADVERTISEMENT
Setelah membiarkan sejumlah spekulasi liar di tengah publik, Tiket.com akhirnya menjelaskan soal makna logo barunya dalam sebuah jumpa pers bertajuk "A prologue to a new us" di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (21/11).
Pendiri sekaligus Chief Communication Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, memaparkan makna filosofis dari logo itu. Dia menjelaskan simbol lingkaran besar berwarna kuning di logo baru itu disebut sebagai happiness dot atau titik keceriaan yang menggambar para konsumen yang dinamis.
Warna kuning sengaja dipilih karena itu identik dengan joy, happiness, dan excitement. Lingkaran ini juga digambarkan sebagai konsumen yang selalu diposisikan di tengah sebagai fokus utama perusahaan. Di sini Tiket.com tidak memposisikan konsumen di belakang, bukan pula di depan atau samping.
ADVERTISEMENT
"Bentuknya bulat karena bulat itu longlast, enggak ada selesainya. Karena orang jalan-jalan itu enggak mau ada limit," papar Gaery. "The circle symbolizes you (konsumen). Itu kenapa lingkarannya di tengah. It's always our focus."
Lingkaran besar warna kuning ini besar kemungkinan bakal menjadi ikon baru bagi Tiket.com, di mana mereka bisa saja menempatkan sejumlah simbol hotel, pesawat, kereta, sampai dengan simbol sewa mobil. Kita akan mendapat gambaran pemanfaatan ikon lingkarang kuning Tiket.com dari video di bawah ini:
Video
Pada kesempatan ini, Gaery juga menjawab pertanyaan soal desain baru pada huruf, di mana kali ini Tiket.com sengaja membuat "t" di awal tanpa kapital, juga huruf "i" yang dibuat tanpa titik di atasnya.
"Bahasa Inggris 'i' itu artinya 'saya.' Nah ini fokusnya bukan "i" dalam arti saya, tetapi kalian sebagai konsumen. Terus 't-nya' kenapa kecil? Karena kita selevel dengan customer. Kita tidak lebih hebat dari pada customer kita," jelasnya
ADVERTISEMENT
Sementara untuk warna dominan biru pada logo dilambangkan sebagai bentuk kebebasan layaknya langit yang tidak memiliki batas.
Logo baru Tiket.com (Foto: Tiket.com)
Bersamaan dengan perubahan logo ini, Tiket.com mengambil langkah untuk mengubah slogan: "Mau ke mana? Ke mana pun tiket.com aja." Dari slogan ini tampak jelas Tiket.com berambisi untuk menjadi aplikasi online travel agent nomor wahid di Indonesia karena ingin menjawab segala kebutuhan wisata dan bepergian.
"Kalau target it's the same. Dari dulu berharap 100 persen growth, dan sekarang sudah 100 persen pun terus kita push," jelas Gaery. "Kalau dulu cuma pioneer (online travel agent) semoga ke sananya kita bisa jadi the best and the biggest."
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·