kumparan
30 Nov 2017 21:23 WIB

Toyota Pamerkan Robot Peniru Gerakan Manusia

Robot humanoid Toyota. (Foto: Harumi Ozawa, Quentin Tyberghien/AFPTV)
Raksasa pabrikan mobil Jepang, Toyota, memamerkan robot humanoid rancangannya, yang dapat meniru gerakan tubuh penggunanya, Rabu (29/11). Robot ini diklaim memiliki fungsi beragam, mulai dari merawat warga lanjut usia hingga membantu tim penanganan bencana.
ADVERTISEMENT
Robot bernama T-HR3 ini dikendalikan menggunakan teknologi wearable yang dikenakan pengguna untuk mengoperasikan robot tersebut dengan cara menggerakkan tubuh mereka sendiri. T-HR3 menjadi primadona pada Pameran Robot Internasional di Tokyo, Jepang.
Robot rancangan Toyota ini menjadi robot humanoid terbaru dari belasan lainnya yang tengah dikembangkan banyak produsen.
“Robot konvensional tak mampu merasakan sentuhan, sehingga sering kali mereka menggenggam sesuatu terlalu keras. Sedangkan robot ini bisa memelukmu langsung dengan lembut,” ujar Akifumi Tamaoki, Kepala Divisi Robot Toyota.
Para perancang robot melihat peluang besar penggunaan robot ini di Jepang, mengingat jumlah warga lansia di Negeri Sakura yang bertambah dengan cepat dan menyebabkan krisis jumlah tenaga kerja.
T-HR3 memiliki 32 sendi dengan pergerakan yang sangat mirip manusia. Ia bisa berdiri satu kaki dengan seimbang. Sensor pada robot ini juga bisa mendeteksi tekanan dalam menyentuh atau memegang objek lain.
ADVERTISEMENT
Robot prototipe yang dipamerkan memiliki tinggi 1,54 m dengan berat 75 kg. Meski demikian, Toyota belum berencana menjual T-HR3 ke pasaran.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan