Pencarian populer

Tulisan Tangan Steve Jobs soal Apple I Dilelang Mulai Rp 872 Juta

Pendiri Apple, Steve Jobs. (Foto: AP Photo)

Sosok pendiri Apple Steve Jobs kembali menjadi perhatian. Setelah surat lamaran kerja milik Jobs, yang dibuat pada 1973 dilelang dengan harga 174.757 dolar AS atau sekitar Rp 2,4 miliar, kini ada lagi tulisan tangannya yang akan dilelang.

Tulisan tangan Jobs di secarik kertas yang mendeskripsikan spesifikasi komputer Apple-I dilelang mulai dengan harga 60 ribu dolar AS atau sekitar Rp 872 juta.

Kertas tersebut dilelang di New York, AS, oleh lembaga Bonham History of Science and Technology.

Tulisan tangan Steve Jobs yang dilelang mulai dengan harga 60 ribu dolar AS atau sekitar Rp 863 juta. (Foto: Dok: Bonham History of Science and Technology)

Dilansir Apple Insider, kertas tulisan tangan milik Jobs itu dilelang satu paket dengan dua foto polaroid. Foto pertama menampilkan Apple-I di atas meja bersama power supply, monitor, dan keyboard. Di foto yang lainnya menunjukkan tampilan layar yang terhubung ke Apple-I, dengan tulisan tangan di bawah gambar termasuk detail kontak Jobs.

Dalam dekripsi pelelangan, kertas tulisan tangan Jobs merupakan lembar spesifikasi untuk "Apple Computer-I" yang diberikan kepada rekan bisnisnya selama kunjungan ke garasi milik Jobs.

Kertas itu tidak hanya menampilkan spesifikasi Apple-I, tetapi juga terdapat alamat surat dan nomor telepon milik Jobs di bagian bawah. Jobs memberikan alamat orang tuanya, di mana dia tinggal pada saat itu, dan di mana banyak Apple-1 dirakit di sana.

Salah satu produk awal Apple, Apple-I. (Foto: Cynde Moya via wikimedia commons.)

Lembaga Bonham juga melelang barang lain yang berkaitan dengan Steve Jobs, di antaranya komputer Apple-1 yang dikerjakan oleh Jobs dengan perkiraan hargan mencapai 350 ribu dolar AS atau sekitar Rp 5 miliar.

Kemudian, Apple Lisa yang masih berfungsi, komputer yang memakai antarmuka graphical user interface (GUI) dan mouse ke pasar yang lebih luas, diperkiraan terjual 50 ribu dolar AS atau Rp 727 juta.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: