kumparan
3 Jul 2018 21:16 WIB

Turnamen Mobile Legends Asia Tenggara Siap Digelar, Hadiah Rp 1,4 M

Mobile Legends South East Asia Cup 2018. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Turnamen Mobile Legends: Bang Bang South East Asia Cup (MSC) kembali digelar di Indonesia. Untuk MSC edisi 2018 ini akan dilaksanakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 27 sampai dengan 29 Juli 2018.
ADVERTISEMENT
Direktur Operasional Mobile Legends Caya Yan berkata, dipilihnya kembali Indonesia merupakan keistimewaan karena perhelatan tahun lalu mendapatkan respons positif dan juga potensi market e-sport yang sangat besar.
"Kami sangat senang Indonesia menjadi tuan rumah. Respons yang bagus tahun lalu dan Indonesia memiliki potensi pasar e-sport yang besar, dan biggest number gamers di sini. Saya pikir ini menjadi faktor penentu tuan rumah," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (3/7).
Berbeda dengan MSC 2017, untuk acara tahun ini akan diikuti oleh perwakilan dari tujuh negara di kawasan Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.
Kontestan MSC 2018 dipilih berdasarkan prestasinya di Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL), termasuk mereka yang diundang langsung oleh panitia.
Aplikasi game 'Mobile Legends: Bang Bang'. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Berikut tim e-sport Mobile Legends yang berlaga di MSC 2018 berdasarkan undangan dan prestasinya di MPL:
ADVERTISEMENT
1. Juara MPL Indonesia: Aerowolf Roxy
2. Juara MPL Filipina: Aether Main
3. Juara MPL Malaysia-Singapura: Bigegron SG
4. Juara MPL Thailand: IDONOTSLEEP
5. Undangan langsung dari MPL Indonesia: EVOS Esports
6. Undangan langsung dari MPL Indonesia: RRQ.O2
7. Undangan langsung dari MPL Malaysia-Singapura: Air Asia Saiyan
8. Undangan langsung dari MPL Filipina: Digital Devils
Game MOBA, Mobile Legends: Bang Bang. (Foto: Google Play Store)
Sementara untuk Vietnam dan Myanmar akan ada babak kualifikasi untuk menentukan satu perwakilannya di babak Grand Final.
Total ada 10 peserta yang akan berkumpul di kompetisi MSC 2018. Mereka akan ikut pengundian yang dilakukan pada 26 Juli 2018 untuk menentukan posisi grup.
MSC 2018 akan terdiri dari 2 babak, Group Stage dan Playoff. Di babak grup, 10 tim kontestan akan dibagi menjadi 2 grup dengan sistem pertandingan Round Robin (Bo1). Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak Playoff dengan sistem gugur, sementara babak semifinal menggunakan sistem Bo4 dan Bo5 untuk Final.
ADVERTISEMENT
Total hadiah sebesar 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar sudah disiapkan oleh Moonton, selaku developer Mobile Legends. Juara pertama MSC 2018 akan mendapatkan hadiah sebesar 30 ribu dolar AS, sementara runner up menerima 15 ribu dolar AS, lalu juara tiga mendapatkan 10 ribu dolar AS, dan 5 ribu dolar AS untuk juara empat.
Semua pertandingan MSC 2018 akan ditayangkan secara eksklusif di akun Facebook resmi Mobile Legends dengan komentator menggunakan tiga bahasa: Indonesia, Thailand, dan Inggris. Selain itu, masyarakat Indonesia bisa datang untuk menyaksikan langsung kejuaran MSC 2018 tanpa dikenakan biaya.
MSC 2018 menargetkan jumlah pengunjung mencapai 100 ribu orang. Angka tersebut lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu, yakni 78 ribu orang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan