kumparan
15 Jan 2019 16:32 WIB

Turnamen Mobile Legends MPL 2019 Siap Digelar, Total Hadiah Rp 1,6 M

Logo game 'Mobile Legends'. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Turnamen 'Mobile Legends: Bang Bang' Professional League (MPL) kembali akan digelar di Indonesia. Untuk edisi 2019 atau Season 3, kompetisi ini dijanjikan jauh lebih besar dan meriah dibanding musim sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Kompetisi yang mempertandingkan kemampuan bermain game 'Mobile Legends' ini memiliki total hadiah sebesar 120 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,6 miliar. Angka tersebut lebih besar dibanding turnamen tahun lalu yang mencapai 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.
"Indonesia bisa menjadi industri eSports besar. Kami senang bisa meramaikan industri yang dinamis ini. Moonton percaya bisa menghadirkan MPL yang menarik dan lebih fair untuk penggemar dan gamer pro 'Mobile Legends'," ujar Lius Andre, Indonesia eSports Manager Moonton, dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (15/1).
Dengan total hadiah yang besar itu, MPL Season 3 menjadi salah satu turnamen yang paling diminati tim eSports Indonesia. Menurut MET, selaku penyelenggara yang dipercaya Moonton, mereka menerima hampir 1.000 tim yang mendaftar kompetisi ini.
Suasana turnamen Mobile Legends MSC 2018. (Foto: Facebook/Mobile Legends: Bang Bang)
Babak utama MPL akan diikuti oleh 12 tim terbaik di Indonesia. Enam tim bakal melalui babak kualifikasi, sementara enam tim sisanya merupakan undangan yang sukses menjadi enam terbaik di MPL musim sebelumnya, yaitu Evos, RRQ, Louvre, Aerowolf, Onic, dan Saint Indo.
ADVERTISEMENT
Babak Kualifikasi
Kualifikasi MPL Season 3 terbagi menjadi dua fase, dengan tahap kualifikasi akan dilakukan di studio bertaraf internasional. Fase pertama adalah kualifikasi online yang telah berlangsung pada 9 hingga 13 Januari 2019 lalu.
Maksimal 512 tim dari seluruh Indonesia akan bertanding dalam konsep bracket single elimination best of one hingga babak 32 besar. Dalam babak 32 besar, format pertandingan berubah menjadi bracket single elimination best of three.
Game MOBA, Mobile Legends: Bang Bang. (Foto: Google Play Store)
Delapan tim terbaik dari kualifikasi online berhak melaju ke fase final kualifikasi, yang juga diikuti oleh tim peringkat tujuh dan delapan dari MPL Season 2. 10 tim ini terbagi menjadi dua kelompok untuk bertanding dalam format round robin best of three. Final kualifikasi ini akan diadakan pada 24 sampai 27 Januari 2019.
ADVERTISEMENT
Untuk perhitungannya, kemenangan 2-0 akan memberikan tiga poin, kemenangan 2-1 dapat dua poin, sementara kekalahan 1-2 hanya mendapat satu poin. Tiga tim dengan poin terbanyak dari masing-masing grup berhak melaju ke babak utama.
Babak utama MPL Season 3 akan dimulai pada 16 Februari hingga 31 Maret 2019. Pemenang utama berhak membawa pulang 25 ribu dolar AS atau sekitar Rp 352 juta, sementara juara kedua menerima 13 ribu dolar AS atau sekitar Rp 183 juta, dan 6 ribu dolar AS atau sekitar Rp 84 juta untuk juara ketiga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·