kumparan
1 Jul 2018 11:34 WIB

Video YouTube Bisa Ditonton dari Jendela Kecil saat Buka Aplikasi Lain

YouTube Space Jakarta (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Saat ini, menonton video di YouTube harus dilakukan saat membuka aplikasinya. Jika keluar dari aplikasi YouTube, maka videonya akan berhenti berputar.
ADVERTISEMENT
Namun, nantinya kamu tidak perlu ribet lagi untuk menyaksikan video YouTube saat melakukan kegiatan lain di ponselmu. YouTube mulai mengeluarkan mode picture-in-picture (PiP) bagi pengguna Android Oreo.
Artinya, saat kita keluar dari aplikasi YouTube, maka videonya akan ditampilkan dalam ukuran kecil di pojok layar ponsel. Kita bisa melakukan kegiatan lain di ponsel dan video dari YouTube tersebut tetap berjalan.
Tapi, perlu dicatat mode ini baru tersedia untuk pengguna Android di Amerika Serikat saja.
Sebelumnya, mode PiP sebenarnya sudah ada di YouTube tapi hanya bisa digunakan di dalam aplikasi sambil mencari video-video lain untuk ditonton.
Hadirnya mode ini di YouTube pertama kali ditemukan oleh XDA-Developers dan telah dikonfirmasi oleh pihak YouTube bahwa fitur ini sudah resmi tersedia di YouTube untuk pengguna non-premium.
Menonton YouTube. (Foto: Pixabay)
Tadinya mode PiP hanya disediakan untuk pengguna premium, seperti dilansir BGR. Tapi kini Google berubah pikiran dan mulai mengeluarkannya untuk pengguna non-premium.
ADVERTISEMENT
Pengalipkasian mode PiP juga cukup mudah, pengguna hanya perlu pergi ke menu Settings atau pengaturan di aplikasi YouTube untuk menggunakannya.
Untuk saat ini, pengguna Android di luar AS masih harus bersabar untuk menikmati mode ini karena belum ada kepastian kapan YouTube bakal memperluasnya ke wilayah lain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan