Pencarian populer

Vivo Apex 2019: Smartphone Tanpa Tombol, Lubang, dan Kamera Selfie

Purwarupa smartphone Vivo Apex 2019. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan

Vivo pertama kali memperkenalkan smartphone minimalis Apex 2019 pada Januari lalu di China. Ponsel ini disebut minimalis karena desainnya yang menyingkirkan semua tombol fisik dan lubang.

Dengan terobosan tanpa tombol dan lubang itu, Vivo Apex 2019 memiliki layar yang memenuhi bagian muka. Ada sensor fingerprint yang bisa dipindai di semua bagian layar, bukan di bagian tertentu seperti smartphone lainnya.

Lalu, tanpa tombol fisik dan lubang, bagaimana pengguna mengisi daya baterai? Bagaimana menyalakan dan mematikan ponsel kalau tidak ada tombol power?

Smartphone Vivo Apex 2019 tanpa tombol fisik dan lubang. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan

Untuk melakukannya, Apex 2019 memiliki tombol virtual di dalam layar untuk mematikan atau menyalakan ponsel, juga menaik-turunkan volume suara. Tombol virtual ini tersedia di area-area tertentu pada layar.

"Tombol dihilangkan bukan berarti menghilangkan fungsinya, kita pakai pressure touch capacitance positioning, ada getar setiap ditekan," ujar Senior Product Manager Vivo Indonesia Yoga Samiaji, dalam acara product experience Apex 2019 di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Sementara itu untuk pengisian daya baterai digunakan konektor magnetik bernama MagPort. Titik penarikan magnetik ini menghadirkan docking yang lebih nyaman dan akurat.

Port magnetik pada Vivo Apex 2019. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan

Bodinya terbuat dari bahan kaca 'Super Unibodi' dengan layar berukuran 6,39 inci AMOLED.

Satu pertanyaan lagi, dari mana suara akan keluar jika tidak ada lubang speaker? Jadi, Vivo menggunakan teknologi fungsi suara getaran layar pada Apex 2019 sebagai speaker ponsel. Hal ini membuat bodi belakang Apex 2019 dapat mengeluarkan suara.

Kegiatan para gamer pun didukung oleh Vivo Apex 2019 lewat adanya teknologi pendingin liquid cooling. Pembuangan panas pada teknologi Apex 2019 ini diklaim 4-6 kali lebih besar dan efisien.

Smartphone Vivo Apex 2019 tanpa kamera selfie. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan

Dari sisi spesifikasinya, Apex 2019 terbilang impresif. Ponsel ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 855 dengan RAM 12 GB dan memori internal 512 GB. Satu hal menarik adalah Apex 2019 tidak memiliki kamera selfie, hanya ada kamera belakang ganda yang beresolusi 12 MP dan 13 MP.

Sejauh ini, Vivo belum bisa memastikan apakah Apex 2019 akan dijual di Indonesia atau tidak. Tapi, tampaknya akan menarik jika smartphone minimalis ini dipasarkan di Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23