Pencarian populer

WhatsApp di Android Bisa Nonton Video Sambil Chatting, Ini Caranya

Ilustrasi WhatsApp. (Foto: AFP/Stan Honda)

Setelah diluncurkan di iOS, tak lama lagi WhatsApp akan membawa fitur nonton video YouTube langsung di aplikasi pesan untuk pengguna Android. Fitur yang dimaksud adalah Picture-In-Picture (PIP).

PIP memungkinkan pengguna menonton video YouTube tanpa perlu meninggalkan obrolan atau bahkan menutup aplikasi WhatsApp. Video bisa berjalan dengan jendela baru di dalam laman obrolan.

Fitur ini baru tersedia di aplikasi WhatsApp versi beta 2.18.301. Pengguna harus mengikuti program beta untuk dapat menikmati fitur PIP. Versi resminya sendiri masih bertahan di versi 2.18.293.

Sebelumnya, WhatsApp memperkenalkan fitur PIP ini di konferensi Facebook F8 di California, AS, pada Mei 2018 lalu. Sementara WhatsApp versi iOS sudah menerima update PIP dan bisa digunakan oleh pengguna iPhone.

Situs web WA Beta Info melaporkan fitur PIP mendukung pemutaran video dari tautan YouTube, Facebook, dan Instagram. Sayang, aplikasi masih belum mendukung memutar video dari Twitter.

WhatsApp di Android Bisa Nonton Video Sambil Chatting, (Foto: WABetaInfo)

Cara menggunakan fitur PIP ini cukup mudah. Jika pengguna menekan link video YouTube, Facebook, atau Instagram, maka akan muncul jendela kecil yang menampilkan gambar video. Pengguna juga bisa mengeser atau memperbesar jendela video sesuai keinginan, tanpa perlu keluar dari aplikasi WhatsApp.

Ada perbedaan antara fitur PIP di WhatsApp versi Android dengan iOS. Ketika pengguna WhatsApp Android berpindah dari satu obrolan ke obrolan lain, maka jendela video yang tengah berjalan akan tertutup. Hal ini justru tidak dirasakan pengguna WhatsApp iOS.

Sepanjang 2018, WhatsApp telah menghadirkan banyak layanan dan fitur baru untuk platform-nya, mulai dari aplikasi mandiri WhatsApp Business, fitur video call grup, penambahan fungsi admin, hingga beri tanda 'forward' untuk pesan terusan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: