kumparan
14 Mar 2019 7:11 WIB

WhatsApp juga Alami Gangguan: Tak Bisa Kirim Gambar dan Upload Status

Aplikasi pesan instan WhatsApp. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Masalah yang dialami Facebook sejak Kamis (14/3) dini hari ternyata bukan hanya berdampak pada Instagram tapi juga WhatsApp. Sejumlah pengguna menyuarakan masalah ini di media sosial Twitter dengan tagar #FacebookDown dan #InstagramDown.
ADVERTISEMENT
Diketahui, tumbangnya layanan Facebook tersebut terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Para pengguna di Indonesia mengaku masih bisa bertukar pesan di WhatsApp, tapi tidak bisa mengirim gambar ke pengguna lain atau mengunggah Status.
Mereka mengaku selalu gagal ketika mencoba mengunggah konten ke Status WhatsApp.
Saat ini Facebook mengaku sedang berupaya untuk mengatasi masalah yang dialami layanannya tersebut. Namun mereka belum mengungkap apa yang sebenarnya menjadi penyebab tumbangnya layanan mereka selama berjam-jam.
Melalui akun Twitter resminya, Facebook menegaskan masalah ini bukan disebabkan oleh serangan DDoS dari hacker.
Pengguna Facebook dan Instagram mengaku tidak bisa login, membuat postingan, hingga mengunggah Stories di Instagram sejak Kamis (14/3) dini hari. Alhasil, seperti yang sudah-sudah, Twitter menjadi 'pelarian' mereka untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan kedua platform media sosial tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan The Guardian, sejumlah pengguna Facebook di web desktop dan aplikasi melihat pesan "required maintenance". Belum ada kepastian kapan layanan Facebook dan Instagram bakal normal kembali. Tapi, tampaknya masalah ini tidak menyerang seluruh pengguna karena beberapa mengaku masih bisa membuka Facebook seperti biasa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan