Pencarian populer

4 Etika yang Harus Kamu Perhatikan saat Menginap di Hotel Kapsul

Ilustrasi hotel kapsul (Foto: Dok. booking.com)

Hotel kapsul saat ini datang dan membawa angin segar untuk para traveler. Pasalnya, hotel berbentuk kubus ini menyediakan kamar lengkap dengan beragam fasilitas, tapi tidak membuat kantong jebol. Cukup merogoh kocek tak sampai Rp 200 ribu, tidur nyaman fasilitas aman.

Tak heran jika kini banyak traveler yang menjatuhkan pilihan atau sekadar mencari pengalaman untuk bermalam di hotel kapsul. Tapi sangat disayangnya, masih ada beberapa pihak yang kerap menganggu tamu lain, padahal bermalam di sini tidak lah sendiri.

Untuk itu, bagi kamu yang akan mencoba menginap di hotel kapsul, sebaiknya perhatikan empat etika ini dulu, yuk!

1. Saling Menghormati

Ilustrasi berteriak (Foto: Dok. Pixabay)

Sikap saling menghormati sangat diperlukan saat menginap di hotel kapsul. Jika ketenanganmu tak ingin diganggu, maka jangan membuat kegaduhan juga.

Begitu pun jika ingin melakukan sesuatu, pastikan tamu lain tidak akan merasa risih dan terganggu. Hal ini dilakukan demi kenyamanan bersama.

2. Dilarang Berisik di Dalam Kapsul

Ilustrasi orang sedang telepon. (Foto: Breakingpic via Pexels.)

Traveler harus sadar, jika memutuskan untuk menginap di hotel kapsul, berarti akan tidur dengan orang lain. Apa pun yang dilakukan pasti akan terdengar dan terlihat tamu lain.

Untuk saling menjaga kenyamanan bersama, umumnya setiap hotel menerapkan silent room. Yang berarti jika sudah masuk kamar, semua kegiatan harus dihentikan.

Sayangnya, tak jarang masih ada saja yang melanggar peraturan tersebut. Padahal pihak hotel sudah jelas memberitahukan larangan itu, bahkan sebelum tamunya masuk ke dalam kamar

Walau tak diizinkan melakukan kegiatan yang mengeluarkan suara, pihak hotel tentunya sudah memberikan ruangan lain sebagai ganti. Biasanya tamu diizinkan untuk menelepon atau membuka laptop di lobby hotel.

"Pada saat di dalam kapsul tidak boleh telepon. Kalau mau telepom boleh, tapi di tempat yang sudah disediakan," jelas Miranda Haryanto, General Manager KINI Luxury Capsule, saat ditemui kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu.

3. Gunakan Fasilitas Sewajarnya

Ilustrasi Toilet (Foto: Thinkstock)

Sekali lagi, menginap di hotel kapsul berarti traveler harus berbagi fasilitas dengan yang lain. Termasuk memakai toilet secara bersama-sama.

Meski umumnya setiap hotel memiliki lebih dari satu toilet, jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk menggunakan seenaknya. Ingat, masih ada tamu lain yang juga ingin memakai.

Memang terlihat mudah, tapi walau begitu masih saja ada pihak yang tidak mengindahkan peraturan tidak tertulis ini. "Sebenarnya itu mudah, tapi banyak orang yang tidak kepikiran. Kadang lupa kali ya, ini untuk ramai-ramai, bukan untuk dia pribadi," ujar Miranda.

4. Tidak Menaruh Barang Seenaknya

Ilustrasi barang bawaan. (Foto: Dok. Flickr)

Tak seperti kamar hotel berbintang yang memberikan 'kesempatan' untuk menaruh barang sesuka hati, bila bermalam di hotel kapsul, kamu tidak akan bisa seperti itu.

Suka tidak suka, kamu dituntut untuk menjaga dan merapikan barang di tempat yang sudah disediakan. Jangan menaruh barang di lorong kapsul, atau meninggalkan barang seenaknya.

Jika sudah disediakan loker, gunakan sebaik mungkin. Taruh barang bawaan seperti koper atau tas, agar tidak berantakan dan demi keamanan.

Siap menginap di hotel kapsul?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: