Pencarian populer

4 Festival Budaya yang Menghiasi Musim Semi di Hong Kong

Festival Cheung Chau Bun di Hong Kong (Foto: Dok. Hong Kong Tourism)

Berlibur di Hong Kong bukan hanya tentang menikmati gemerlap kota metropolitan dan barisan gedung pencakar langit. Tak hanya menawarkan wisata belanja, budaya otentik penduduk setempat juga turut memperkaya kota itu.

Selain itu, Hong Kong juga selalu memiliki acaya yang dirayakan sepanjang tahun, dari perayaan berskala internasional hingga festival tradisional. Misalnya pada musim semi ini, ada empat festival tradisional yang merayakan kebudayaan dan warisan tradisi Hong Kong.

Berikut empat perayaan budaya yang menghiasi musim semi di Hong Kong, tepatnya pada bulan Mei. Yuk, catat tanggalnya!

1. Perayaan Ulang Tahun Dewi Laut (8 Mei)

Festival Tin Hau di Hong Kong (Foto: Flickr/Leung Bor kee)

Sebelum berubah menjadi metropolitan, Hong Kong dulunya adalah kota nelayan yang sangat bergantung pada hasil laut. Oleh karena itu, mereka memuja Tin Hau atau Dewi Laut yang dipercaya melindungi mereka saat berlayar.

Ribuan warga Hong Kong akan berdoa ke kuil Tin Hau meminta keselamatan, cuaca yang mendukung, serta tangkapan laut yang melimpah untuk tahun berikutnya. Pada perayaan ini, wisatawan bisa menyaksikan parade Shap Pat Heung fa pau yang berlangsung selama tiga jam yang diusung dari pusat kota Yuen Long hingga kuil Tin Hau.

2. Festival Cheung Chau Bun (19-23 Mei)

Roti Bun di Festival Cheung Chau Bun (Foto: Flickr/Jamie Lloyd)

Festival Cheung Chau Bun dirayakan untuk menghormati Dewa Pak Tai yang dipercaya menjauhkan roh jahat dari warga setempat. Yang paling khas dari perayaan ini adalah kompetisi The Bun Scrambling, di mana para kontestan akan memanjat menara bambu setinggi 14 meter yang dibalut roti bun yang terbuat dari plastik.

Awalnya roti bun yang digunakan adalah roti sungguhan, namun untuk menghindari pemborosan kini roti bun diganti dengan bahan plastik. Eits, wisatawan juga bisa ikut serta, lho!

3. Perayaan Ulang Tahun Buddha (22 Mei)

Biara Po Lin, Hong Kong (Foto: Flickr/dazstudios)

Perayaan ini diadakan hampir di semua kuil dan biara Buddha di Hong Kong. Namun, perayaan yang paling besar digelar di biara Po Lin dengan atraksi pertunjukan kung-fu oleh para biksu Shaolin, serta pertunjukan mengubah wajah.

Sementara itu di Victoria Park, pengunjung dapat menikmati Celebration Carnival yang dipenuhi oleh bazaar kuliner, seni, dan kerajinan.

4. Perayaan Ulang Tahun Tam Kung (22 Mei)

Festival Tam Kung di Hong Kong (Foto: Flickr/Thomas Yu)

Sama halnya dengan Tin Hau, Tam Kung juga dianggap sebagai pelindung nelayan dan laut. Ulang tahun Tam Kung dirayakan di sebuah kuil tua yang didedikasikan untuk Tam Kung di daerah Shau Kei Wan. Selebrasi ulang tahun Tam Kung dipenuhi dengan tarian tradisional barongsai serta parade.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22