Pencarian populer

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Kehilangan Koper di Bagasi Pesawat

com-Bagasi Hilang (Foto: Thinkstock)
Liburan memang tujuannya untuk bersenang-senang. Namun ada saja hal kurang menyenangkan yang bisa terjadi di tengah perjalananmu. Salah satunya seperti kehilangan barang yang kamu titipkan di bagasi pesawat.
ADVERTISEMENT
Meski cukup jarang terjadi, yakni sekitar 6 dari 1.000 kasus, kehilangan koper dalam bagasi bisa sangat menyusahkan. Belum lagi jika banyak benda-benda berharga dan penuh kenangan dalam koper liburanmu.
Kehilangan barang di kabin pesawat merupakan tanggung jawab penumpang. Namun, kehilangan atau kerusakan barang yang kamu titipkan di bagasi pesawat menjadi tanggung jawab maskapai.
Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 7 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara. Pasal 5 ayat 1 memaparkan, bahwa bagasi tercatat yang hilang atau rusak diberi ganti rugi sebesar Rp 200 ribu – 4 juta, sesuai jenis, bentuk, ukuran, dan merek.
Jika kamu kena sial dan kehilangan bagasi tercatat di pesawat, tenangkan dirimu. Ada langkah-langkah yang mesti kamu lakukan agar hakmu sebagai penumbang terpenuhi:
ADVERTISEMENT
1. Laporkan
Ilustrasi cabin pesawat (Foto: Pexels)
Setelah sekian lama menunggu di pengambilan bagasi tapi barangmu tak muncul juga, segera tanya petugas maskapai. Bisa jadi terselip atau memang hilang.
Jika hilang, segera laporkan ke pihak maskapai. Jangan lupa tunjukkan boarding pass dan identitas diri sebagai bukti kamu memang menitipkan barang ke bagasi pesawat.
2. Deskripsikan
Anak kecil yang membawa koper (Foto: Thinkstock)
Saat melaporkan pada pihak maskapai, kamu perlu mendeskripsikan dengan detail barangmu. Misalnya saat kehilangan koper, jelaskan warnanya, bentuk, fitur, dan lain-lain. Hal ini mempermudah pencarian oleh petugas.
3. Terus Tanyakan
Ilustrasi kursi pesawat. (Foto: Thinkstock)
Saat melaporkan, pasti kamu akan ditanyai nomor yang bisa dihubungi. Jika dalam tiga hari tidak ada kabar, kamu harus menelepon layanan bagasi bandara lebih dulu. Terus tanyakan soal nasib kopermu yang hilang itu.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa datang langsung ke kantor resmi maskapai yang bersangkutan. Jika dalam tiga minggu belum ditemukan, kopermu resmi dinyatakan hilang.
4. Urus Klaim
Koper pintar Raden Suitcase (Foto: raden.com)
Pihak maskapai akan mengganti bagasi yang hilang jika kamu mengurus klaim. Klaim paling lambat diajukan 21 hari setelah barangmu dinyatakan hilang. Jika saat mereservasi penerbangan kamu juga membeli asuransi perjalanan, kamu berhak mengklaim pada pihak asuransi pula.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80