Pencarian populer

4 Tips Mendapatkan Barang Unik nan Menarik Saat Traveling

Ilustrasi berbelanja oleh-oleh (Foto: Shutter stock)

Tak hanya sekadar menikmati pemandangan alam atau melihat atraksi wisata, barang khas tempat yang dikunjungi juga menjadi satu oleh-oleh yang wajib dibawa. Selain menjadi oleh-oleh, mencari benda-benda menarik juga dapat disimpan sebagai 'kenangan' atau penanda bahwa kamu pernah datang ke tempat tersebut.

Pasti tak mau membawa oleh-oleh mainstream ketika traveling, kan? Biasanya, traveler akan mencari barang unik yang bahkan orang lain tak punya.

Untuk itu, kumparanTRAVEL juga sudah membuat empat tips untuk mendapatkan barang khas menarik dan unik yang bisa kamu dapatkan saat traveling. Apa saja? Yuk, simak ulasannya :

1. Intip Referensi dari Travel Blogger

Rekomendasi Dari Kadek Arini Soal Toko yang Menjual Pakaian Khas India (Foto: Instagram (@kadekarini))

Selain membagikan pegalamannya saat berpetualang ke suatu tempat, biasanya travel blogger juga tak pelit informasi soal barang-barang unik di tempat yang ia kunjungi. Bahkan sebagian besar dari mereka memberikan informasi yang jujur, tanpa ada 'bumbu' untuk kepentingan iklan.

Untuk itu, kamu harus selalu mengikut postingan travel blogger, terutama saat mereka berkunjung ke tempat yang akan kamu datangi. Bila sang travel blogger tak membahas soal benda-benda unik yang mereka temukan, kamu bisa bertanya kepadanya melalui media sosial atau e-mail.

2. Minta Saran dari Warga Setempat

Ilustrasi Berbicara Dengan Warga Lokal (Foto: AFP FOTO / GULSHAN KHAN)

Tak hanya bisa mendapatkan informasi dari Google, kamu pun dapat bertanya kepada warga lokal mengenai barang-barang anti mainstream hingga rekomendasi tempat untuk membeli oleh-oleh. Umumnya, warga lokal dengan senang hati memberikan informasi terbaik yang mereka tahu.

Seperti pengalaman kumparanTRAVEL beberapa waktu lalu saat diantarkan seorang warga lokal ke suatu tempat di Lombok. Kami diajak ke daerah yang terkenal jejeran toko yang menawarkan mutiara asli, tetapi dipatok dengan harga lebih murah dari tempat lain.

3. Cari Barang Khas Daerah yang Kamu Kunjungi

Loading Instagram...

Selanjutnya, kamu bisa membeli barang khas daerah yang disinggahi. Sama seperti poin kedua, kamu bisa bertanya ke warga lokal mengenai barang khas yang menarik dan unik, serta tentunya tidak akan didapatkan di tempat lain. Misalnya membeli kain, ikat kepala, atau gelang jika pergi ke Sumba, atau membeli sate Rembiga khas Lombok yang lezat nan menggugah selera.

Salah satu alasan kamu harus membeli barang khas, karena kemungkinan besar barang tersebut tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain itu, biasanya harganya lebih murah, apalagi membeli di daerah asalnya.

Keuntungan lain yang didapat ialah kamu bisa memiliki beragam pilihan, sekaligus memberikan kesempatan untuk mendapatkan barang-barang yang unik dan menarik.

4. Beli Barang di Pengrajin

Pengrajin Kain di Desa Sade, Lombok (Foto: Bella Cynthia Ratnasari)

Kamu juga bisa membeli barang di warga lokal atau pengrajin. Harga yang ditawarkan tentunya akan lebih murah dari pada di toko souvenir.

Selain itu bila beruntung, kamu bisa membeli barang custom dengan harga yang cenderung murah dan menjadikannya oleh-oleh. Tentunya barang yang kamu tak akan ada yang menyamainya, kan?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55