kumparan
21 Des 2017 7:19 WIB

5 Alasan Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri

com-Ilustrasi Traveling (Foto: Pixabay)
Berlibur ke luar negeri saat ini makin sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kecenderungan untuk mengisi libur panjang dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang unik dan menarik menjadi magnet utamanya. Di sisi lain, liburan ke luar negeri memberikan tantangan tersendiri, seperti perbedaan bahasa, budaya, makanan, dan sebagainya, sehingga membuat pengalaman perjalanan kamu terasa berbeda.
ADVERTISEMENT
Makanya, tak heran bila libur akhir tahun yang bersamaan dengan libur panjang sekolah membuat peminat liburan ke luar negeri melonjak. Selain dapat melihat suasana yang berbeda dari negara asalnya, setidaknya ada 5 alasan orang Indonesia memilih menjejakkan kaki di negara lain pada liburan akhir tahun:
1. Sambut tahun yang baru dengan menantang diri keluar dari comfort zone
com-Keluar dari Zona Nyaman (Foto: Thinkstock)
Menjelajahi negara atau lokasi yang belum pernah didatangi sebelumnya, tentu akan memberikan pengalaman yang menegangkan, sekaligus mengasyikkan. Apalagi bila melakukan solo traveling, pastilah kaum milenial seperti kamu jauh lebih berani menghadapi hal-hal baru dan di luar zona nyaman. Menantang diri sendiri seperti ini akan melatih kamu menjadi pribadi yang lebih baik karena setiap perjalanan menjadi sumber motivasi dan pelajaran hidup baru bagi diri sendiri.
ADVERTISEMENT
2. Beragam event spesial akhir tahun yang berbeda dari biasanya
Menyaksikan pesta kembang api memang menjadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat liburan akhir tahun. Namun lebih dari itu, banyak negara berlomba-lomba menyiapkan banyak event spesial, mulai dari konser musik gratis, pesta rakyat, hingga pentas budaya untuk merayakan pergantian tahun. Dengan tawaran yang cukup menarik, sayang rasanya jika kamu melewatkan momen tersebut begitu saja.
3. Beberapa pusat perbelanjaan memberi diskon akhir tahun besar-besaran
com-Diskon Akhir Tahun (Foto: Thinkstock)
Alasan lain liburan ke luar negeri adalah berbelanja. Banyaknya pilihan tempat belanja yang dianggap sebagai surga bagi pencinta shopping tentu memudahkan kamu hunting barang-barang yang unik dan lama diinginkan tapi tak bisa ditemukan di Indonesia. Sebut saja Singapura dan Thailand. Selain itu, beberapa pusat perbelanjaan di luar negeri juga menawarkan kualitas barang yang lebih bagus, dan selalu memanjakan wisatawan dengan festival belanja tahunan dengan menghadirkan diskon besar-besaran. Sungguh menggoda, bukan?
ADVERTISEMENT
4. Bisa menginspirasi resolusi untuk tahun depan
Mungkin di antara kamu ada yang melakukan traveling hanya untuk sekadar kabur dari rutinitas atau mengikuti tren. Namun, banyak yang tak sadar bahwa setiap perjalanan adalah investasi inspirasi yang mungkin jarang kamu temukan dalam rutinitas. Dari sinilah, pengalaman yang didapatkan akan mengisi ulang pikiran dan menambah semangatmu untuk memberikan ide dan berusaha mewujudkan resolusimu di tahun depan.
5. OTA membuat bepergian ke luar negeri jadi lebih mudah
com-Kemudahan dari OTA (Foto: Thinkstock)
Selain berbagai acara atau aktivitas menarik yang ditawarkan, budget liburan yang terjangkau juga membuat bepergian ke luar negeri menjadi semakin mudah. Terbukti dari banyaknya online travel agent (OTA) yang menawarkan perjalanan ke luar negeri dengan harga lebih murah atau memberikan berbagai diskon untuk beberapa destinasi dunia yang populer. Selain itu, fitur OTA yang ada saat ini juga semakin canggih sehingga memudahkan kamu membuat rencana liburan.
ADVERTISEMENT
Salah satu OTA yang bisa diandalkan ketika hendak merencanakan liburan adalah Traveloka. Kini, kamu bisa menggunakan fitur Price Alerts di aplikasi Traveloka yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan notifikasi harga yang sesuai dengan bujet. Kamu cukup mengatur tujuan, tanggal, dan budget harga yang inginkan pada aplikasi, dan nantinya notifikasi akan dikirimkan langsung ke ponselmu ketika berhasil menemukan harga tiket pesawat sesuai dengan pengaturan yang telah kamu tetapkan. Dengan begini, kamu tak perlu repot cek harga tiket secara manual setiap hari.
Jadi, mumpung tahun 2017 belum habis segeralah rencanakan liburan akhir tahun. Jangan ditunda terus, inilah saat yang tepat untuk dapat menikmati berbagai pengalaman seru dan berkesan dengan mengunjungi negara impianmu!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan