kumparan
8 Apr 2018 15:19 WIB

5 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan Gratis di Pesawat

Suasana gelap kabin pesawat (Foto: Getty Images)
Tidak banyak yang tahu bahwa bukan hanya senyum manis pramugara dan pramugari yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma dalam penerbangan. Sebagai penumpang, kamu berhak mendapatakan fasilitas-fasilitas dasar yang disediakan maskapai.
ADVERTISEMENT
Jangan sungkan memintanya kepada petugas dalam pesawat jika memang kamu membutuhkan. Kamu hanya perlu meminta dengan ramah kok! Jangan lupa juga mengucapkan terima kasih setelahnya, ya.
Dilansir dari Reader’s Digest, berikut lima hal yang bisa kamu dapatkan secara gratis di pesawat:
1. Suplai P3K
Ilustrasi suplai P3K. (Foto: Shutterstock)
Ya, tentunya tiap kabin menyediakan kotak P3K untuk mengantisipasi kondisi darurat. Mulai dari aspirin, plester luka, antacid, obat antiseptik, dan lain-lain. Mintalah kepada kru dalam kabin terdekat bila memang kamu memerlukan beberapa obat-obatan.
2. Tisu Basah
Tisu Basah (Foto: Shutter Stock)
Tanganmu agak lengket tapi malas ke toilet? Nah, kamu bisa meminta tisu basah secara cuma-cuma kepada cabin crew. Kebanyakan maskapai menyediakan banyak tisu basah dalam penerbangan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengelap kursi dan pengait sabuk pengaman yang menyimpan banyak kuman.
ADVERTISEMENT
3. Mengintip dalam Kokpit
Kokpit pesawat (Foto: dok. Garuda Indonesia)
Penasaran dengan ruangan tempat pilot dan co-pilot bekerja? Kamu bisa meminta baik-baik pada pramugari bahwa kamu ingin mengintip dalam kokpit. Jika kamu beruntung, sang pilot akan dengan senang hati mengajakmu tur ke kokpit. Tentunya hal ini hanya bisa kamu dapatkan bukan saat pesawat di udara alias setelah pesawat mendarat.
4. Minuman Beralkohol
Wine Bon Jovi (Foto: Twitter @chickieT)
Untuk yang ini hanya tersedia di penerbangan kelas bisnis dan first class. Kebanyakan maskapai menawarkan minuman beralokohol secara cuma-cuma sebagai bagian dari pelayanan. Kamu bahkan bisa memilih wine atau bir gratis dalam penerbangan internasional.
5. Menjaga Anak Kecil
Ilustrasi balita ngupil. (Foto: Thinkstock)
Bepergian bersama anak-anak kadang terasa merepotkan. Kita harus senantiasa mengawasi mereka demi mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Nah, jika kamu butuh pergi ke toilet, kamu bisa meminta tolong pada pramugari untuk menjaga anak atau adikmu sebentar. Jangan terlalu lama karena mereka juga punya tugas lain, guys!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan