kumparan
31 Jul 2017 0:20 WIB

5 Keuntungan Menggunakan Kereta Api Saat Traveling

Com-Travelling Naik Kereta Api (Foto: Thinkstock)
Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang bukanlah hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Namun sebagian lainnya, tentu ada yang memiliki kekhawatiran saat harus menaiki alat transportasi udara tersebut.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, mereka mengantisipasi ketakutan tersebut dengan mengurungkan niat untuk bepergian atau justru memilih moda transportasi lainnya seperti kereta api. Karena melalui jalur darat, banyak orang yang memiliki rasa takut akan ketinggian, memutuskan untuk menggunakan transportasi ini.
Tak hanya itu, harga tiket kereta api yang jauh lebih murah dibanding pesawat juga menjadi alasan lain dalam memilih moda transportasi. Perbedaan harga yang cukup jauh tersebut, membuat kereta api masih digemari banyak orang.
Saat ini, para penumpang kereta api jarak jauh bisa lebih mudah dalam melakukan pembelian tiket. Selain melalui sistem layanan online yang diterapkan oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia), kini calon penumpang bisa melakukan pemesanan tiket kereta api Indonesia di Traveloka.
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu relasi resmi PT KAI dalam pendistribusian penjualan tiket, Traveloka memberikan pelayanan yang akan memudahkan calon penumpang dalam memesan tiket dari mana saja dan kapan saja. Penumpang juga bisa mengakses pembelian melalui situs web atau aplikasi yang telah tersambung langsung dengan sistem milik PT KAI.
Nah, selain beberapa hal di atas, memilih kereta api untuk moda transportasi bepergian bisa memberikan beberapa keuntungan. Apa saja keuntungan tersebut? Simak ulasan berikut ini:
1. Relaksasi
Sadarkah kamu jika menaiki kereta api jarak jauh bisa menjadi cara terbaik untuk melakukan relaksasi? Ya, tanpa disadari, dengan melihat pemandangan selama perjalanan, kamu telah mengurangi pikiran penat dan cenderung menjadi lebih optimis dalam melihat sesuatu.
ADVERTISEMENT
Agar merasakan pengaruh positif ini, kamu perlu duduk tepat di samping jendela kereta. Jika kamu melakukan perjalanan di malam hari, pemandangan yang akan kamu nikmati adalah gemerlap lampu kota, tak jarang kamu pun akan menyaksikan matahari terbit.
2. Bebas dari macet
Berbeda dengan transportasi umum darat lainnya, kamu tentu tidak akan merasakan kemacetan jika menggunakan kereta. Kamu bisa menghemat energi yang mungkin terkuras selama kemacetan. Selain itu, kamu bisa puas terlelap agar lebih segar sesampainya di tempat tujuan.
3. Menambah teman
Memilih kereta api jarak jauh sebagai transportasi bisa membuatmu bertemu dengan banyak orang. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan seorang diri, kamu akan lebih mudah untuk berkenalan, bahkan bercengkerama dengan orang di samping atau depanmu.
ADVERTISEMENT
Ajaklah mereka untuk bercerita kampung halamannya dan bagaimana cara untuk bisa ke sana, guna memberikan motivasi kamu untuk berlibur kembali di lain waktu. Selain itu, jika kamu sudah mengenal mereka dalam taraf yang lebih lagi, kamu bisa meminta nomor kontak secara sopan. Bisa jadi suatu hari kamu membutuhkan pertolongan darinya, bukan?
4. Memicu kreativitas
Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kereta akan membantu kamu untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif. Secara tidak langsung, kamu akan memikirkan berbagai cara untuk mengatasi kebosanan, seperti bercengkerama, mendengarkan musik, membuat video, menulis, atau menciptakan lagu.
Hal ini tentu akan membuat pikiranmu terus bekerja untuk menghasilkan ide-ide baru selama perjalanan. Bisa jadi, ide tersebut kamu terapkan suatu hari nanti dan menjadi hal yang besar di hidupmu.
ADVERTISEMENT
5. Tetap aktif di media sosial
Selain empat keuntungan di atas, memilih kereta sebagai transportasi jarak jauh akan membuat kamu tetap aktif di media sosial. Hal ini mungkin bisa terjadi mengingat sudah tersedianya soket daya di setiap barisan kursi kereta. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir akan kehabisan daya pada ponselmu.
Kemungkinan seperti ini akan sangat kecil terjadi jika kamu melakukan traveling dengan kendaraan pribadi atau bus. Kamu akan sulit menemukan soket daya pada bagian-bagian tertentu, yang akan membuatmu jauh dari serunya aktivitas di media sosial.
Nah, itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat traveling menggunakan kereta api. Pastikan kamu tetap berhati-hati dan waspada akan keberadaan barang-barang, guna menghindari kejahatan kriminal yang tidak diinginkan, ya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan