kumparan
15 Sep 2019 17:01 WIB

5 Pantai di Indonesia yang Punya Pesona Bak di Luar Negeri

Pink Beach di Lombok Foto: Shutter Stock
Siapa bilang pantai cantik hanya kamu temukan di luar negeri. Enggak perlu jauh-jauh terbang ke negeri orang, kamu juga bisa menemukan beberapa pantai di Indonesia yang punya pesona bak luar negeri.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja di Nusa Tenggara Timur, kamu bisa menemukan Pink Beach, pantai cantik dengan pasir berwarna merah mudanya yang eksotis dan menjadi salah satu destinasi yang kerap disambangi traveler.
Namun tak hanya itu saja, ada beberapa pantai di Indonesia yang punya pesona tak kalah indah dari pantai yang ada di luar negeri. Penasaran? Yuk simak.
1. Pantai Pink, Lombok
Pink Beach di Lombok Foto: Shutter Stock
Selain pesona ketiga gilinya yang memukau yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Lombok juga punya pantai cantik yang bernama Pantai Tangsi atau yang lebih terkenal dengan nama Pantai Pink.
Sesuai namaya, pantai ini memiliki pasir merah muda yang indah. Selain di Lombok, pantai pink ini juga bisa kamu temukan di Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Menurut penduduk sekitar, warna merah muda di pasir pantai ini berasal dari pecahan karang yang berwarna kemerahan yang kemudian terkena pantulan matahari yang membuat warna pink pada pasir ini semakin terlihat.
Wajar banyak orang yang mengatakan bahwa Pantai Pink adalah salah satu 'surga' tersembunyi di pulau Lombok karena keindahan pantai ini cukup memukau siapapun yang mengunjunginya. Pasir pantainya yang berwarna pink, lautnya yang biru jernih, ditambah dengan pemandangan alam sekitar pantai ini yang masih asri sehingga menambah keindahan tersendiri bagi Pantai Pink.
Pesona pantai pink yang ada di Indonesia ini sangat mirip dengan Pantai Pink bernama Pink Sands Beach di Bahama.
2. Pantai Ora, Maluku
Pantai Ora Resort Foto: Bagas Putra Riyadhana
Dari Lombok ke Maluku, kamu juga bisa menemukan satu pantai cantik di Indonesia. Pantai tersebut ialah Pantai Ora yang terletak di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang tak kalah dengan pantai-pantai di luar negeri. Pantai Ora juga menawarkan tumbuhan, karang-karang dan hewan-hewan laut yang masih terawat dengan baik.
Loading Instagram...
Kamu juga akan disambut dengan tebing-tebing tinggi yang menjulang. Dilansir situs resmi Kabupaten Maluku Tengah, pasir yang masih putih serta belum banyak dijamah wisatawan menjadikan pantai ini masih terjaga alamnya. Pantai Ora sudah terkenal dengan kecantikanya bahkan sering disandingkan dengan pantai di Maladewa.
3. Pantai Gigi Hiu Kelumbayan, Lampung
Pantai Gigi Hiu, Lampung. Foto: Instagram @kawantrip
Selain Pantai Ora, Pantai Gigi Hiu Kelumbayan juga punya pesona yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di luar negeri. Terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu bebatuan karang yang menjulang tinggi di pinggir pantainya.
ADVERTISEMENT
Ketika berkunjung ke pantai ini kamu bisa melihat gugusan batu karang yang menjulang tinggi hingga 10 meter yang tersusun secara alami dan tampak seperti gigi hiu.
Loading Instagram...
Keunikannya tersebut menjadikannya pantai ini sebagai salah satu incaran para pemburu foto. Objek batu karang yang lancip menjulang ke atas menjadi foto yang Instagramable. Apalagi jika kamu mengambil foto di saat sunrise atau sunset.
Jika dilihat sekilas, tebing-tebing batu di Pantai Gigi Hiu Kelumbayan mirip seperti yang ada di Taman Nasional Zhangjiajie di China hanya saja tak setinggi yang ada di taman nasional tersebut. Meski begitu, pantai ini punya pesona yang tak kalah cantiknya.
4. Pulau Wayag, Papua
Pulau Wayag, Raja Ampat, Papua. Foto: Shutterstock
Selanjutnya ada Pulau Wayag yang punya pesona seperti Kayangan Lake di Filipina. Di antara gugusan pulau lainnya, Pulau Wayag merupakan pulau yang paling terkenal dan menjadi ikon wisata di Raja Ampat.
ADVERTISEMENT
Di Pulau Wayag, kamu bisa menemui pantai indah dengan pulau-pulau karst unik yang jika dilihat sekilas nampak seperti jamur yang menyembul dari bawah laut. Belum lagi, air lautnya jernih dan memiliki beberapa warna, yaitu biru muda atau biru tua, tergantung dari kedalamannya, menjadi daya tarik tersendiri.
5. Pulau Piugus
Pulau Piugus, Kabupaten Anambas Foto: Elma Lisa Bancin/kumparan
Berada di kawasan Pal Matak, kabupaten Anambas, Kepulauan Riau, Pulau Piugus merupakan pulau yang masih bersih, sepi, alami, dan banyak dihiasi hijaunya pepohonan.
Bak pulau pribadi, Piugus tidak memiliki penduduk dan hanya digunakan sebagai objek wisata. Pulau ini hanya akan ramai jika banyak wisatawan yang berkunjung dan menginap di resort yang terdapat di pulau tersebut.
Loading Instagram...
Selain itu, pulau ini merupakan kawasan yang cocok untuk melakukan snorkling dan diving. Airnya yang masih bersih jernih, membuat para pengunjung bisa dengan jelas melihat biota laut, mulai dari terumbu karang, ikan-ikan lucu dengan warna-warna menggemaskan, hingga kuda laut.
ADVERTISEMENT
Keindahannya tersebut membuat Pulau Piugus kerap disandingkan dengan pulau-pulau yang ada di Maladewa.
Mana pantai yang pernah kamu kunjungi?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan