Pencarian populer

5 Perpustakaan dengan Desain Paling Unik di Dunia

Ilustrasi perpustakaan. (Foto: Andrew_18/Pixabay)

Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak koleksi buku-buku dan juga sebagai salah satu ruang untuk membaca. Di antara perpustakaan-perpustakaan yang ada di berbagai belahan dunia ternyata memiliki desain yang tidak biasa bahkan bisa dibilang sangat modern dan futuristik.

Tak hanya desainnya yang menarik, beragam fasilitas lengkap juga dapat kamu temui di perpustakaan tersebut. Dilansir Architectural Digest, berikut lima perpustakaan dengan desain futuristik nan modern.

1. Helsinki Central Library Oodi, Finlandia

Helsinki Central Library Oodi (Foto: Wikimedia Commons)

Helsinki Central Library Oodi atau yang biasa disebut sebagai Perpustakaan Oodi yang memiliki desain yang sangat futuristik. Perpustakaan ini terletak di distrik Toolonlahti, Finlandia, yang berada di sebelah Helsinki Music Centre dan Kiasma Museum of Contemporary Art.

Perpustakaan yang didesain oleh perusahaan arsitek ALA yang bermarkas di Helsinki tersebut baru saja dibuka pada 5 Desember 2018 yang bertepatan dengan hari kemerdekaan negara tersebut.

Oodi memiliki tiga lantai dengan fasilitasnya masing-masing. Salah satunya yaitu di lantai satu kamu akan menemukan aula besar dan layar bioskop untuk pameran dan pertunjukkan lainnya.

Finlandia juga terkenal dengan budaya perpustakaannya yang dinamis. Perpustakaan ini bahkan dapat menampung sekitar 3,4 juta buku.

2. Qatar National Library, Qatar

Qatar National Library (Foto: Wikimedia Commons)

Perpustakaan dengan desain unik lainnya berada di Qatar, Timur Tengah. Adalah Qatar National Library, sebuah perpustakaan yang memiliki luas sekitar 45.000 meter persegi yang dirancang oleh perusahaan asal Belanda yaitu OMA.

Sejak dibuka pada tahun 2017, perpustakaan ini memiliki lebih dari 1 juta koleksi buku.

Ketika memasuki perpustakaan kamu akan disambut dengan rak-rak buku yang tersusun rapih yang bertingkat-tingkat. Tak hanya rak bukunya, interior perpustakaan juga terlihat sangat modern dan futuristik.

3. Tianjin Binhai Library, China

The Tianjin Binhai New Area Library. (Foto: Flickr/Frank Alvarado)

Jika kamu pernah mendengar pepatah "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China" mungkin pepatah tersebut dapat menjadi penyemangatmu untuk pergi ke negara tersebut. Pasalnya di sana ada salah satu perpustakaan dengan desain yang sangat unik.

Perpustakaan yang ada di Tianjin ini memiliki desain yang sangat futuristik. Sejak dibuka pada tahun 2017, perpustakaan ini telah menyedot lebih dari 10.000 pengunjung setiap harinya.

Tianjin Binha Library ini didesain oleh perusahan Belanda Mvrdv yang bangunannya memiliki desain seperti sebuah mata. Karena bentuknya yang bulat, perpustakaan ini juga dijuluki dengan “The Eye”.

Perpustakaan ini memiliki sebuah rak besar dari material alumunium yang menjulang tinggi. Buku-buku ini tersimpan rapi di rak-rak besar tersebut dari bawah sampai ke atas.

Perpustakaan seluas 33,700 meter persegi ini juga menjadi salah satu dari lima atraksi Binhai Cultural Center.

4. Philological Library, Jerman

Philological Library (Foto: Flickr/Martin aka Maha)

Dijuluki 'Berlin Brain' atau otak Berlin, perpustakaan ini memang memiliki desain yang unik karena desain arsitektur bangunan ini memang menyerupai seperti sebuah otak manusia. Adalah Philological Library, sebuah perpustakaan yang terletak di Jerman ini berada di dalam kompleks Free University of Berlin.

Karena desainnya tersebut, perpustakaan yang dibuka sejak 2005 ini pernah dinobatkan sebagai perpustakaan dengan struktur eco-intelligent terbaik.

Perpustakaan ini dirancang oleh arsitek asal Inggris yang bernama Norman Foster. Kabarnya sang arsitek membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan sebuah bangunan dengan efisiensi yang tinggi.

Karena perpustakaan ini memiliki panel alumunium dan kaca yang mengatur suhu internal dan juga mampu menyaring cahaya yang tembus di siang hari sehingga menciptakan lingkungan belajar yang sempurna.

5. The Arabian Library, Arizona, AS

Pintu masuk ke The Arabian Library (Foto: Flickr/Ellen Forsyth)

Perpustakaan yang terletak di Scottsdale Arizona, Amerika Serikat, ini terinspirasi oleh lembah-lembah atau canyon-canyon yang ada di Arizona.

The Arabian Library yang didesain oleh richard+baurer ini memiliki bangunan yang didominasi oleh kayu-kayu yang membuat para pengunjung merasa dekat dengan alam.

The Arabian Library (Foto: Flickr/Ellen Forsyth)

Di sepanjang bangunan perpustakaan yang terbuat dari kayu ini juga diukir dengan motif-motof tertenti yang semakin menambah unik desain bangunannya.

Selain itu, desain bangunan yang ramah lingkungan dan juga inovatif membuat perpustakaan ini mendapat penghargaan IIDA/Metropolis Smart Environments Award pada 2008.

Tertarik untuk berkunjung?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36