Pencarian populer

5 Perpustakaan Paling Indah di Dunia, Bikin Betah Lama-lama Baca Buku

Tianjin Binhai Library Foto: Shutter Stock

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Hari Buku Sedunia yang jatuh setiap tanggal 23 April. Misalnya saja dengan membaca buku favoritmu atau mengunjungi perpustakaan yang punya koleksi buku menarik.

Tak hanya sekadar dipakai untuk membaca buku atau belajar, nyatanya kini banyak perpustakaan yang didesain dengan sangat menarik agar pengunjung betah lama-lama di dalamnya. Misalnya saja perpustakaan dengan desain futuristik, hingga perpustakaan yang memiliki lorong buku terpanjang bisa kamu temui saat ini.

Ingin tahu perpustakaan di mana lagi yang memiliki desain unik dan menarik? Dilansir Lonely Planet, ini lima perpustakaan dengan desain paling unik dan indah di dunia:

1. Tianjin Binhai Library, China

Tianjin Binhai Library Foto: Shutter Stock

Tianjin Binhai Library mungkin adalah salah satu perpustakaan yang punya desain paling indah di dunia. Bagaimana tidak? Perpustakaan seluas 33.700 meter persegi dan terletak di distrik Binhai, Tianjin, China, ini memiliki desain futuristik dengan sebuah bola raksasa yang ada di tengah perpustakaan.

Rak-rak bukunya didesain bergelombang mengikuti lingkaran dari bola raksasa tersebut hingga menjangkau ke langit-langit. Unik, bukan?

Tak hanya menjadi perpustakaan, Tianjin Binhai Library juga menjadi destinasi wisata yang kerap disambangi traveler dari berbagai belahan dunia. Selain desainnya yang unik, perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 1 juta buku.

2. Bibliotheca Alexandria, Mesir

Bibliotheca Alexandria Foto: Shutter Stock

Selain China, perpustakaan unik selanjutnya dapat kamu temukan di Mesir. Perpustakaan bernama Bibliotheca Alexandria ini merupakan perpustakaan utama dan pusat budaya yang terletak di Kota Alexandria, Mesir.

Perpustakaan yang dibuka pada tahun 2002 tersebut didesain dengan arsitektur modern dan unik. Didesain menyerupai sebuah cakram miring raksasa, Bibliotheca Alexandria juga memiliki dinding dari batu granit yang diukir dengan huruf, piktogram, hieroglif, dan simbol lebih dari 120 skrip yang berbeda.

Selain itu, jendela-jendela juga dirancang khusus agar mencegah sinar matahari yang dapat merusak buku. Bibliotheca Alexandria dapat menampung hingga 8 juta buku dan setiap harinya bisa menampung hingga 2.500 pengunjung.

3. Takeo City Library, Jepang

Takeo City Library Foto: Wikimedia Commons

Tidak seperti perpustakaan pada umumnya, Takeo City Library yang ada di Jepang ini kamu tak hanya menjumpai rak-rak yang dipenuhi tumpukan buku saja, tapi juga bisa melihat interior perpustakaannya yang unik.

Di lantai satu kamu dapat menjumpai toko-toko buku yang menjual berbagai macam koleksi yang bisa dibeli. Sedangkan di lantai berikutnya, kamu akan menjumpai rak-rak buku dengan ratusan koleksi.

Menariknya, sembari membaca buku, kamu juga bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual di kafe sekitar perpustakaan. Kafe dan juga toko buku tersebut dibuka ketika perpustakaan selesai direnovasi pada 2013 lalu.

4. Trinity College Library, Irlandia

Trinity College Library Foto: Shutter Stock

Di Dublin, Irlandia, ada salah satu perpustakaan yang cukup populer bernama Trinity College Library. Hal menarik yang dapat kamu temukan dari perpustakaan ini adalah lorong panjangnya dengan koleksi buku di sebelah kanan dan kirinya. Selain lorong yang sangat panjang, bangunan perpustakaan dengan nuansa klasiknya sangat terasa saat kamu berada di sini.

Perpustakaan yang dibangun antara tahun 1712 hingga 1732, itu menyimpan sekitar 200 ribu koleksi buku-buku tua. Bahkan di perpustakaan ini menyimpan salinan langka Proklamasi Republik Irlandia 1916 dan alat musik harpa kayu dari abad ke-15.

Namun, koleksi paling populer dari Trinity College Library adalah manuskrip yang diperkirakan telah ada sejak abad kesembilan, yang mendokumentasikan empat Injil kehidupan Yesus Kristus.

5. Stockholm Public Library, Swedia

Stockholm Public Library Foto: Shutter stock

Dirancang oleh arsitek terkenal di dunia, Gunnar Asplund, Stockholm Public Library merupakan contoh menakjubkan dari salah satu arsitektur Swedia yang disebut Swedish Grace. Dibuka pada tahun 1928, perpustakaan ini memiliki desain unik dengan menara bulat setinggi 24 meter.

Di Stockholm Public Library juga terdapat dua galeri rak yang menampung sekitar 40 ribu buku dalam bahasa Nordik, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Tertarik berkunjung?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23