Pencarian populer

5 Rekomendasi Destinasi Liburan di Singapura

com-Ilustrasi Negara Singapura Foto: Shutterstock

Berbicara tentang Singapura tidak melulu tentang modernitas yang terlihat di pusat kotanya. Tidak melulu tentang Merlion Park atau Marina Bay Sands yang memang menjadi ikon dan destinasi wajib ketika berkunjung ke Negeri Singa. Cobalah mengeksplorasi, kunjungi beberapa destinasi lain yang menyimpan kekayaan Singapura dari sisi berbeda.

Di balik gemerlap cahaya lampu kota, Singapura nyatanya juga masih menyimpan berbagai destinasi yang kaya akan peninggalan sejarah dan budaya serta destinasi yang akan mengajakmu kembali ke alam. Tertarik untuk mengunjungi destinasi-destinasi tersebut? Berikut lima destinasi menarik rekomendasi kumparan (kumparan.com), untuk kamu yang ingin merasakan sisi yang berbeda dari Negeri Singa.

Joo Chiat/Katong

com-Joo Chiat Singapura Foto: Shutterstock

Singapura dihuni oleh empat etnis berbeda; Melayu, Cina, India, dan Eurasia. Namun selain keempat etnis tersebut, negara ini juga memiliki sebuah etnis percampuran yang lazim disebut dengan nama Peranakan. Di mana kamu bisa menemukan budaya peranakan yang kental? Jawabannya ada di kawasan Joo Chiat/ Katong.

Memasuki kawasan Joo Chiat, tepatnya di Koon Seng Road, kamu akan dibawa menjelajahi waktu dengan melihat wajah lama Singapura. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah Peranakan Houses, deretan rumah warna-warni dengan sentuhan kental budaya Peranakan. Selain Peranakan Houses, di kawasan ini kamu juga bisa menemukan Rumah Bebe, sebuah bangunan berwarna biru terang dengan pintu merah menyala yang merupakan toko kerajian khas budaya peranakan.

Untuk mengunjungi ikon wisata di kawasan Joo Chiat/ Katong ini kamu cukup menaiki MRT jalur hijau atau East West Line dan berhenti di Stasiun Eunos. Dari sana, kamu harus berjalan kaki sejauh 1,6 km sambil menikmati area pemukiman penduduk yang tenang. Namun jika malas berjalan jauh, kamu juga bisa menaiki bus dan berhenti di halte Opp Maranatha Hall.

Orchard Road

com-Design Orchard di Orchard Road Foto: Shutterstock

Jalur pedestrian di dua sisi yang luas, rindangnya pepohonan hijau, dan deretan mal hingga butik yang menyajikan berbagai brand ternama dunia, itulah sedikit gambaran tentang Orchard Road -- sebuah jalan yang terkenal di kalangan para pencinta belanja. Sebut saja ION Orchard, Takashimaya, 313 Somerset, Orchard Central, dan masih banyak pusat perbelanjaan lainnya, adalah tempat yang lazim kamu datangi ketika ingin berburu barang impian di Singapura.

Singapura memang tidak pernah berhenti memanjakan pengunjungnya, termasuk para wisatawan yang datang untuk berbelanja. Di tahun 2019 ini, Negeri Singa baru saja membuka sebuah pusat perbelanjaan yang mempertemukan lebih dari 60 brand lokal baik fashion, home decor, hingga skin care dalam satu atap bernama Design Orchard.

Terletak di persimpangan antara Orchard Road dan Cairhill Road, kamu akan merasakan nuansa berbelanja berbelanja yang berbeda. Di Design Orchard, kamu bisa menemukan berbagai produk lokal Singapura yang unik, seperti yang ditawarkan Singapore Moments -- sebuah brand yang menjual beragam parfume yang dinamai dari flora khas Singapura. Tidak hanya itu, Design Orchard juga menawarkan arsitektur minimalis, serta rooftop khusus untuk melangsungkan sebuah acara atau hanya sebagai tempat bersantai saja.

Chinatown

com-Budhha Tooth Relic Temple di Chinatown Foto: Novianti Rahmi Putri/kumparan

Setiap negara pasti memiliki daerah pecinannya sendiri, termasuk Singapura. Pecinan di sini dikenal dengan sebutan Chinatown Singapore. Selayaknya daerah pecinaan di berbagai negara, saat memasuki Chinatown Singapura kamu akan disambut dengan nuansa Tiongkok yang sangat kuat. Hal itu bisa terlihat dari dominasi warna merah, lampion-lampion yang menggantung di sepanjang, bangunan penuh warna, hingga bangunan kuil nan ikonik.

Mengunjungi Chinatown Singapura sangatlah mudah. Kamu cukup menaiki MRT terdekat dari tempatmu menginap lalu turun di stasiun MRT Chinatown. Keluar dari stasiun MRT, kamu akan langsung disambut deretan toko yang menjual beragam oleh-oleh. Tidak sekedar oleh-oleh biasa, di Chinatown kamu dapat menemukan The Tintin Shop yang merupakan toko merchandise resmi dari tokoh komik Tintin.

Selain berburu oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau. Di Chinatown, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat beribadah yang bersejarah seperti kuil indah Budhha Tooth Relic Temple dan kuil Hindu tertua Sri Mariamman Temple. Selesai menjelajah, jangan lupa mengisi perut sejenak dengan berbagai kuliner nan lezat di Chinatown Food Street.

Tiong Bahru

com-Tiong Bahru Bakery Foto: Shutterstock

Tidak akan ada perasaan yang berbeda sama sekali ketika kamu menginjakkan kaki di stasiun MRT Tiong Bahru. Stasiun ini hampir serupa dengan beberapa stasiun MRT lainnya di Singapura; tersambung dengan sebuah pusat perbelanjaan yang menyuguhkan berbagai pilihan barang dan makanan tak lama setelah kamu melakukan keluar dari peron stasiun.

Perbedaan itu baru akan kamu rasakan ketika kamu keluar dari dalam Tiong Bahru Plaza — nama pusat perbelanjaan tersebut. Kamu akan langsung disuguhi pemandangan wilayah residensial ala Singapura, dengan apartemen-apartemen yang menjulang di kanan dan kiri jalan.

Tiong Bahru memang memiliki keunikan dengan gaya residensial ala kolonial. Namun selain itu, Tiong Bahru juga dipenuhi berbagai daya tarik tambahan yang membuat kamu punya banyak alasan untuk mengunjungi area ini: dari kafe-kafe modern, kuliner tradisional, toko buku hipster, aksesoris-aksesoris unik dari seniman lokal, hingga mural.

Kampong Glam

com-Area Kampong Glam Singapura Foto: Novianti Rahmi Putri/kumparan

Bagi kamu yang ingin menyelami jejak-jejak sejarah Melayu di Negeri Singa, Kampong Glam adalah destinasi terbaik untuk didatangi. Di sini, berdiri sebuah pusat kebudayaan Melayu atau Malay Heritage Centre, yang berada tidak jauh dari Sultan Mosque — jantung kawasan Kampong Glam yang juga merupakan Masjid tertua di Singapura. Uniknya lagi, di kawasan ini juga terdapat sebuah toko minyak wangi bernama Jamal Kazura Aromatics, di mana kamu dapat meracik sendiri wangi parfume yang diinginkan.

Berjalan sedikit dari area Masjid Sultan dan Malay Heritage Center, kamu dapat melihat sebuah lorong yang dipenuhi seni mural. Tanpa perlu jauh-jauh ke Hosier Lane, Australia, kamu bisa berfoto dengan latar mural-mural nan indah di Haji Lane. Selain mural, terdapat juga deretan toko dari seniman hingga desainer lokal Singapura yang menjajakan berbagai hasil karyanya.

Pada siang hari, kamu bisa berfoto di mural-mural indah yang tersebar di beberapa area Haji Lane. Di malam hari, area ini berubah menjadi deretan kafe-kafe yang menyediakan tempat berkumpul bagi masyarakat Singapura untuk melepas lelah setelah selesai melakukan berbagai aktivitasnya.

Nah, itu dia lima tempat yang kumparan (kumparan.com) rekomendasikan untuk kamu yang ingin berlibur ke Singapura. Manakah yang paling ingin kamu kunjungi?

Jangan hanya melihat-lihat, jadilah penjelajah.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32