Pencarian populer
5 Rekomendasi Wisata Gua yang Eksotis di Indonesia
Goa ini tempat konservasi tumbuhan purba. (Foto: Flickr / Andrew JK Tan)
Banyak sekali potensi wisata yang ada di Nusantara ini contohnya seperti wisata pantai atau pegunungan yang indah. Namun, selain itu terdapat juga wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu wisata gua.
Bagi kamu yang penasaran dan sedang mencari rekomendasi wisata gua yang seru juga menarik untuk dikunjungi, berikut lima destinasi wisata gua yang berhasil dirangkum oleh kumparanTRAVEL:
1. Gua Jatijajar
Goa ini ditemukan pada 1802 silam. (Foto: Flickr / Imam Taufik)
Gua Jatijajar adalah sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gua sepajang sekitar 250 meter ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang indah.
Diseluruh bagian gua juga sudah diterangi cahaya lampu listrik dan sudah dibangun jalan dengan beton dan juga tempat peristirahatan. Gua Jatijajar menjadi salah satu favorit wisatawan khususnya masyarakat Kebumen karena gua ini memiliki kaitannya dengan sejarah kisah Lutung Kasarung yang cukup terkenal.
2. Gua Gong
Goa Gong (Foto: flickr/Dominico Khristian)
Salah satu wisata gua yang terkenal berikutnya adalah Gua Gong. Gua Gong terletak di Dusun Pulem, Desa Bromo, Kecamatan Punung sekitar 37 km dari pusat kota. Mengapa gua ini dinamakan Gua Gong karena ketika kamu memukul stalagmit atau stalagtitnya maka akan akan timbul suara yang terdengar seperti bunyi gong.
3. Gua Maharani
Goa Maharani. (Foto: reresepan.com)
Gua ini terletak di Lamongan, Jawa Timur. Objek wisata ini terhubung secara integratif dengan destinasi wisat lainnya seperti Maharani Zoo dan Tanjung Kodok Resort.
Goa ini memiliki stalagmit dan stalagtit yang indah ditambah lampu yang berwarna warni di setiap sudut goa sehingga makin memperindah suasana di dalamnya
Di sekitar daerah Gua Maharani, terdapat pula kebun binatang dengan nama yang sama, serta Wisata Bahari Lamongan.
4. Gua Pindul
Goa dengan panjang 350 meter dan lebar 5 meter. (Foto: Flickr / Rakhmad Maulana Yusuf)
Gua Pindul adalah objek wisata gua yang berada di kawasan Gunung Pindul, tepatnya di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menjelajahi Gua Pindul ini kamu akan menaiki ban pelampung di atas aluran sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua. Kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing.
Ketika menelusuri gua tersebut kamu membutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam yang akan berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul sendiri berasal dari mata air Gedong Tujuh.
5. Gua Jomblang

Gua Jomblang, Semanu, Gunungkidul (Foto: Instagram/@terdalam_)
Gua Jomblang adalah destinasi wisata gua yang masih berada di area Gunungkidul yang cukup terkenal. Gua ini berada di perbukitan karst Pesisir Selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah sampai dengan kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.
Gua Jombloang adalah gua yang terbentuk secara alami karena proses geologi sejak ratusan tahun yang lalu. Proses Geologi yang dimaksud adalah amblasnya bagian atas gua yang membentuk seperti sinkhole.
Bagaimana, apakah kamu punya refensi gua favorit versimu sendiri? Silahkan tulis di kolom komentar ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: