kumparan
18 Mei 2018 7:26 WIB

5 Takhayul yang Dipercaya Orang Korea Selatan hingga Kini

Ilustrasi warga Korea Selatan. (Foto: Pixabay)
Secanggih apapun teknologi yang dimiliki suatu negara, semodern apapun gaya hidupnya, sepertinya takhayul tetap saja memiliki tempat dalam cerita rakyat. Kepercayaan yang diturunkan dan dipercaya meski hanya sebagian kecil warganya.
ADVERTISEMENT
Begitu pula di Korea Selatan. Sebagian warganya masih percaya takhayul hingga hari ini. Jika berkesempatan berlibur ke sana langsung, bisa kamu tanyakan pada warga di sana. Masih percayakah mereka?
Berikut lima takhayul yang diyakini warga Korea Selatan:
1. Memberi Kado Sepatu kepada Kekasih Bikin Putus
Sepatu oxford. (Foto: Dok. zara.com)
Jangan harap kamu akan mendapatkan kado sepasang sepatu, sandal, atau jenis alas kaki lainnya jika kamu punya pacar orang Korea Selatan. Sebab, sebagian dari mereka masih percaya bahwa memberi sepatu akan membuat sang kekasih ‘melarikan diri’. Ironisnya kekasihmu akan bilang putus saat menggunakan sepatu yang kamu beri. Sedih dong!
2. Menulis dalam Tinta Merah Dianggap Ancaman Kematian
Simpan dulu pena bertinta merahmu saat berkunjung ke Korea Selatan. Dulu tinta merah digunakan untuk menulis nama kerabat yang meninggal dunia saat melapor pada catatan sipil.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, menulis nama seseorang dalam tinta merah hanya beralasan dua, yakni karena yang bersangkutan memang telah wafat atau kamu mengharapkan kematian padanya. Jelas tidak sopan, bukan?
3. Memimpikan Babi Artinya Sebentar Lagi Kaya
Christopher, babi yang suka traveling (Foto: Instagram/@christopher_the_pig)
Barangkali mirip dengan mitos babi ngepet di Jawa. Bagi orang Korea, bermimpi bertemu babi bermakna orang itu akan segera kaya dan mendapat banyak rezeki.
Babi merupakan simbol kekayaan dan kesuburan bagi mereka. Apalagi pengucapan babi dalam bahasa setempat mirip dengan pelafalan permata.
4. Menaruh Kaca Depan Pintu Menghalangi Keberuntungan
com-Penggunaan Cermin (Foto: Thinkstock)
Hati-hati saat meletakkan kaca di Korea Selatan. Sebaiknya jangan menaruhnya persis di depan pintu. Warga Korea percaya meletakkannya di depan pintu bisa menghalangi keberuntungan masuk ke dalam rumah, seperti kaca yang memantulkan cahaya.
ADVERTISEMENT
5. Bersiul di Malam Hari Dapat Memanggil Arwah
Ilustrasi warga Korea Selatan. (Foto: Pixabay)
Barangkali suasana hatimu sedang bagus, jadi kamu bersiul untuk mengekspresikannya. Tapi, jika kebetulan kamu sedang di Korea Selatan, perhatikan dulu. Apakah matahari masih bersinar? Sebab bersiul di malam hari dianggap sedang memanggil arwah, hantu, atau iblis. Ngeri!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan