Pencarian populer

5 Tempat Ini Bisa Bikin Hubunganmu dengan Pasangan Berakhir, Benarkah?

Ilustrasi Candi Prambanan. Foto: Darin Atiandina/kumparan

Mengunjungi tempat wisata adalah salah satu cara untuk memanfaatkan waktu liburan. Selain itu, dengan berwisata kamu juga bisa rehat sejenak dari segala rutinitas yang ada dan bisa menyegarkan pikiran.

Saat berwisata, alangkah baiknya jika kamu turut mengajak serta keluarga, teman, sahabat, hingga orang-orang terkakasih. Dan tahukah kamu, ternyata konon ada juga beberapa tempat wisata yang sebaiknya tidak kamu kunjungi bersama sang kekasih.

Pasalnya, beberapa tempat ini dianggap dapat membuat hubunganmu dengan pasangan berakhir di tengah jalan. Di mana sajakah itu? Berikut lima tempat wisata yang dianggap dapat membuat hubungan dengan pasanganmu berakhir.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan. Foto: Instagram @novemlawalata

Siapa yang tidak kenal Candi Prambanan, salah satu destinasi wisata yang cukup populer selain Candi Borobudur ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan saat tengah berkunjung ke Yogyakarta. Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.

Objek wisata ini erat kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta seribu candi dalam semalam dari Banddung Bondowoso. Bandung Bondowoso pun menyanggupi permintaan tersebut dengan bantuan banyak jin untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang.

Namun, ternyata Roro Jonggrang mengkhiannati perjanjian tersebut. Bandung Bondowoso yang marah kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Legenda itu kemudian berkembang menjadi mitos yang berkembang bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan hubungan percintaannya akan berakhir.

Terlepas dari hal tersebut, Candi Prambanan menawarkan tempat wisata dengan panorama alam yang indah. Bahkan tempat ini sering dijadikan wisatawan sebagai salah satu spot berburu sunrise atau sunset yang indah.'

2. Kebun Raya Bogor

Jembatan Merah di Kebun Raya Bogor Foto: www.kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu wisata alam yang tak hanya menawarkan panorama yang indah tapi juga udara alam yang sejuk di Bogor, Jawa Barat. Namun siapa sangka di balik keindahan dan kesejukan tempat ini, terdapat sebuah mitos yang masih melekat di sana hingga saat ini.

Salah satu mitos yang beredar di sana adalah terdapatnya sebuah pohon jodoh yang konon katanya bisa membuat hubungan cinta awet. Tak hanya itu, bagi mereka yang datang ke tempat tersebut dalam kondisi lajang, maka konon akan mendapatkan jodoh bila duduk di bawah pohon jodoh.

Selain pohon jodoh tersebut, ada juga mitos yang ternyata dapat membuat kisah cintamu dengan pasangan berakhir, lho. Konon, tempat tersebut adalah Jembatan Merah yang berada di sebelah utara Kebun Raya Bogor.

Jembatan Merah tersebut merupakan salah satu spot yang menarik bagi wisatawan, pasalnya jembatan yang terbuat dari baja berwarna merah tersebut memiliki bangunan yang unik yang berdiri di atas Sungai Ciliwung.

Jembatan yang memiliki panjang sekitar 20 meter itu sering dijuluki pengunjung sebagai Jembatan Cinta. Tidak diketahui siapa yang menamai jembatan tersebut sebagai Jembatan Cinta.

Akan tetapi, bertolak belakang dari namanya, ternyata bila datang ke tempat itu dalam keadaan berpasangan, maka akan kandas jalinan asmaranya bila menyeberang di Jembatan Merah tersebut.

3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo, Semarang Foto: Helinsa Rasputri/kumparan

Selain Kebun Raya Bogor, destinasi wisata lainnya yang kabarnya dapat membuat hubunganmu berakhir adalah Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Dinamakan Gedong Songo karena memang ada 9 candi di kawasan tersebut. Percaya atau tidak, bila berada di kawasan candi ini, jangan coba-coba untuk menggombal kepada pasangan. Karena bila mengeluarkan rayuan gombal, dipercaya akan membuat hubungan percintaan akan putus di tengah jalan.

Meski begitu, Candi Gedong Songo menawarkan wisata sejarah bagi wisatawan. Pasalnya, kini ada banyak tempat wisata baru yang dibangun di kawasan candi tersebut, seperti Taman Bunga Celosia, berbagai macam spot swafoto yang kekinian di Ayana Gedong Songo, dan masih banyak lagi.

4. Baturraden

Baturraden Foto: Wikimedia Commons

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas ini sudah amat terkenal dengan air terjun dan goa yang sangat indah.

Konon katanya, tempat ini memiliki kisah bak film Romeo dan Juliet, karena dahulu ada sepasang kekasih yang cintanya tidak direstui.

Hubungan keduanya tidak direstui oleh orang tua dan harus kandas di tengah jalan. Hingga akhirnya, tempat ini dinamakan dengan Baturraden. Kabarnya, pasangan yang berkunjung ke sana bisa putus setelahnya.

Namun, percaya atau tidak, tempat ini tetap menyimpan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

5. Tanah Lot

Wisatawan Mengunjungi Pura Tanah Lot Foto: Flickr / ohrwurm67

Tempat terakhir yang sebaiknya tidak kamu kunjungi bersama pasangan adalah Tanah Lot. Sepertinya hampir semua orang di Indonesia kenal dengan ikon wisata yang terletak di Bali ini.

Tanah Lot sering dikunjungi karena keindahan puranya yang berada di tepi pantai, dan seolah-olah bangunan suci tersebut berada di tengah laut.

Konon katanya, di tempat tersebut juga terdapat ular suci yang dipercaya bisa mengabulkan permohonan. Akan tetapi, bagi sepasang kekasih tidak dianjurkan untuk mengunjungi ular tersebut karena hewan sakral itu dipercaya bisa menyebabkan hubungan cinta menjadi kandas.

Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22